Pulau Dangar Ode Sumbawa, Si Kecil Yang Eksotis

Dimana Letak Pulau Dangar Ode?

Pulau Dangar Ode merupakan salah satu pulau dari sekian banyak pulau kecil yang terletak di Kawasan Teluk Saleh, Sumbawa. Teluk Saleh sendiri dinobatkan sebagai akuarium dunia yang memiliki berbagai macam jenis terumbu karang, ikan dan biota laut lainnya. Bahkan baru-baru ini, tercatat puluhan ekor hiu paus ditemukan di kawasan Teluk Saleh.

Pulau Dangar Ode Teluk Saleh

Bagaimana Cara Menuju Pulau Dangar Ode?

Dari Bandara Kota Sumbawa Besar, anda bisa mengambil perjalanan darat sekitar satu jam menuju Dusun Prajak, Desa Batu Bangka, Kecamatan Moyo Hilir.

Dalam perjalanan darat menuju Dusun Prajak, anda akan melihat desa-desa lainnya di Sumbawa yang masih alami dengan rumah panggung nya, melihat luasnya hamparan sawah dan tidak jarang anda akan bertemu dengan gerombolan hewan ternak seperti sapi dan kerbau yang berjalan dengan santainya di pinggir jalan aspal. Hmm, pemandangan yang tidak bisa anda temukan di kota bukan?

Setibanya di Dusun Prajak, anda harus melanjutkan perjalanan menggunakan perahu. Ada beberapa perahu nelayan di Dermaga Dusun Prajak yang bisa anda sewa dengan tarif relatif mulai Rp 300.000 hingga Rp 500.000 tergantung dari jenis perahunya.

Dermaga Dusun Prajak

Oh iya, tidak jauh dari Dermaga ini ternyata ada bekas dermaga yang digunakan oleh Tentara Jepang saat menjajah Indonesia dulu.

Bahkan ada bangkai kapal perang Jepang yang tenggelam di sekitar dermaga tersebut.

Sayangnya, menurut pengakuan warga setempat, di tahun 2002 terjadi penjarahan secara massal atas bangkai kapal yang tenggelam. Mereka mengambil besi, mesin dan komponen-komponen lain yang bernilai komersial.

Seandainya penjarahan itu terjadi, tentu lokasi ini akan menjadi destinasi wisata budaya yang akan mengundang para penyelam menjelajahi bangkai kapal perang.

Oke, kembali ke topik awal. Naik perahu dari Dermaga Prajak menuju Pulau Dangar Ode memakan waktu sekitar 30 menit menyeberang.

Apa Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Dangar Ode?

Pulau Dangar Ode merupakan pulau kecil datar yang dipenuhi padang savana di tengah-tengahnya. Keindahan alamnya akan membuat anda betah berlama-lama sambil merasakan hembusan angin laut yang begitu menenangkan.

Bagi para pencinta underwater, Pulau Dangar Ode pun memiliki terumbu karang dengan kerapatan yang baik dan berwarna-warni.

Spot snorkelingnya ada yang di dekat pulau dan ada pula yang harus ditempuh dengan boat. Mintalah boatman anda untuk mengantar ke spot snorkeling terbaik sebelum bersandar di pulau.

Selain itu, ada juga spot penyu dan istana ikan. Istana ikan merupakan sebutan warga disana mengingat di spot ini dipenuhi berbagai jenis ikan berwarna-warni.

Untuk spot penyu dan istana ikan, ,mintalah boatman untuk mengantarkan kesana saat perjalanan pulang, karena memang lokasinya ditengah-tengah antara pulau dan dermaga.

Adapun untuk camping, wisata ke Pulau Dangar Ode bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan malam anda. Suasana malam dan saat matahari terbit, akan menjadi pengalaman lain yang menakjubkan.

Tunggu apalagi. Yuk liburan ke Pulau Sumbawa dan mengunjungi si kecil yang eksotis ini

Pulau Dangar Ode

Tips Tambahan Liburan Ke Pulau Dangar Ode

1. Fasilitas yang ada di Pulau Dangar Ode adalah musholla dan satu toilet kecil. Tidak ada gazebo disini. Bawalah alas yang bisa anda bentangkan di bawah pepohonan rimbun.

2. Bagi yang hobi snorkeling, spot disini lumayan banyak ubur-ubur, jadi gunakanlah swimsuit yang menutupi badan. Well, jika terkena ubur-ubur, sebenarnya tidak apa-apa, hanya gatal sedikit. Tapi jika ingin snorkeling nyaman, gunakanlah pakaian yang sesuai.

3. Bagi yang ingin camping, tidak ada mata air ataupun orang berjualan. Bawalah logistik dan keperluan camping dan persiapkan secara matang.

4. Jaga kebersihan, bawa pulang kembali sampah anda dan jangan merusak lingkungan.

Pulau Dangar Ode Sumbawa

Tinggalkan komentar