Rinjani Trekking Package

Paket Trekking Rinjani

Paket Trekking Rinjani ini kami susun khusus untuk anda yang ingin menikmati keindahan alam Gunung Rinjani dengan lebih nyaman.

Paket komplit mulai dari perlengkapan trekking, makanan, guide dan porter telah kami sediakan. Anda cukup membawa daypack kecil untuk perlengkapan pribadi anda.

Paket trekking yang tersedia di bawah ini adalah private dan TIDAK digabung dengan peserta lainnya. Bagi anda yang membutuhkan paket open trip, silahkan klik link ini: Open Trip Rinjani.

Booking paket trekking Rinjani bersama kami, salah satu Trekking Rinjani Organizer di Pulau Lombok! Tentukan paket trekking pilihan anda di bawah ini!

Paket Trekking Rinjani 3 Hari 2 Malam Via Sembalun
Menuju Puncak 3726 MDPL
Paket Trekking Rinjani 4 Hari 3 Malam Via Sembalun
Puncak Rinjani
Danau Segara Anak
Paket Trekking Rinjani 5 Hari 4 Malam Via Sembalun
Puncak Rinjani
Danau Segara Anak
Lebih Santai
Trekking Rinjani 3 Hari 2 Malam Via Aik Berik
Rinjani Via Jalur Anti Mainstream

Mengapa Memilih The Langkah Travel

HARGA JUJUR & TERJANGKAU
Tanpa biaya tersembunyi ataupun tambahan lainnya diluar service utama. Terkadang travel lain tidak memberikan info tentang biaya tak terduga yang pasti akan anda keluarkan lagi di luar paket yang anda pesan.

RESPONSIBLE SERVICE
Sebagai trekking organizer di Gunung Rinjani, kenyamanan dan keamanan anda adalah yang utama. Kami merincikan berapa banyak porter dan guide yang digunakan menyesuaikan dengan jumlah peserta pendakian dan memastikan kenyamanan anda saat trekking.

LEGAL BY RINJANI NATIONAL PARK
The Langkah Travel sudah terdaftar sebagai trekking organizer resmi di Taman Nasional Gunung Rinjani. Kami memiliki quota pendakian lebih banyak sehingga kapanpun rencana trekking anda, kami siap untuk melayani.

Kata Mereka

Paket Wisata Lombok Lainnya

Selain Paket Trekking Rinjani yang kami tawarkan diatas, dibawah ini juga kami tampilkan beberapa pilihan wisata lainnya di Pulau Lombok.

Mulai dari Open Trip Lombok, Paket Wisata Lombok 1 Hari, Paket Honeymoon Lombok dan Paket Tour Lombok Regular.


Sekilas Tentang Gunung Rinjani

Terdapat lima jalur pendakian resmi yang bisa anda tempuh untuk menikmati keindahan panorama Gunung Rinjani, antara lain:

1. Trekking Rinjani Via Sembalun, Lombok Timur

Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel

Jalur ini menjadi favorit pendaki pemula karena trek nya yang tidak terlalu membuat kaget fisik saat mendaki.

Dari Pos 1 hingga Pos 3 jalurnya cukup landai dengan hamparan padang savana yang begitu luas khas pendakian via Sembalun.

Tantangannya baru muncul ketiga melewati Pos 3, anda akan bertemu dengan Bukit Penyesalan. Perlu persiapan fisik dan mental yang matang agar bisa menmbus bukit ini menuju Pelawangan Sembalun.

Selain itu, jalur pendakian via Sembalun merupakan jalur utama jika anda ingin menaklukkan Puncak Gunung Rinjani di ketinggian 3726 mdpl.

2. Trekking Rinjani Via Senaru, Lombok Utara

Jalur ini bisa dikatakan sering dilalui oleh wisatawan mancanegara. Sedikit sekali bonus selama pendakian. Dari Pos 1 hingga Plawangan anda akan diajak menanjak terus.

Bedanya dengan Sembalun, jika melewati jalur Senaru anda akan menemukan suasana hutan tropis khas pegunungan di sepanjang perjalanan.

Jika anda mendaki melewati jalur ini dan tiba sehari sebelum pendakian, sempatkanlah mengunjungi dua air terjun keren di dekat basecamp yaitu Air Terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep.

3. Trekking Rinjani Via Aik Berik, Lombok Tengah

Jalur pendakian Via Aik Berik ini terbilang jalur pendakian resmi yang masih baru. Terletak satu kawasan dengan Air Terjun Benag Stokel dan Benang Kelambu.

Dari basecamp menuju pintu masuk pendakian kami sarankan menggunakan ojek karena jaraknya yang cukup jauh.

Jalur Aik Berik terkenal dengan sumber airnya yang melimpah. Anda tidak perlu khawatir kekurangan pasokan air bersih jika melewati jalur ini.

Meskipun dari jalur ini tidak bisa menuju puncak, view Pelawangan yang ditawarkan dijamin tidak akan menuat anda menyesal telah melewati jalur ini.

4. Trekking Rinjani Via Timbanuh, Lombok Timur

Terletak di Desa Timbanuh, Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur, jalur pendakian ini juga merupakan jalur pendakian baru yang diresmikan oleh Taman Nasional Gunung Rinjani.

Melewati Pos 1 anda akan melihat perkebunan-perkebunan warga. Dan sebelum tiba di Pelawangan Timbanuh, anda akan melihat indahnya hamparan Bunga Edelweis.

Tidak disarankan menuju danau dari jalur ini karena karakteristiknya yang curam hampir 80 derajat.

5. Trekking Rinjani Via Torean, Lombok Utara

Jalur pendakian via Torean terletak di Desa Torean, Kabupaten Lombok Utara. Jalur ini merupakan jalur kelima yang resmi menjadi jalur yang terdaftar di Taman Nasional Gunung Rinjani dan dalam sekejap menjadi jalur favorit para pendaki.

Sebelum menjadi jalur resmi, Jalur Torean merupakan jalur adat dan banyak digunakan oleh warga setempat dengan tujuan berobat di Danau Segara Anak. Setahun sekali, Umat Hindu menggunakan jalur ini untuk melakukan Upacara Mulang Pekelem.

Umumnya, Jalur Torean dijadikan jalur turun oleh para pendaki. Naik lewat Sembalun, ke puncak kemudian ke danau dan setelah dari danau turun melewati Torean.

Diawal kami katakan bahwa jalur ini menjadi primadona karena karakteristik pemandangan yang bisa ditemui saat melewati jalur ini sangat beragam.

Kuota Pendakian Gunung Rinjani

Informasi mengenai kuota pendakian bisa anda dapatkan dengan mengunduh aplikasi e-rinjani. Kuota pendakian Gunung Rinjani terbagi atas dua type yaitu kuota umum dan kuota trekking organizer (TO).

Hingga saat ini, Pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani hanya menyediakan kuota pendakian dengan rincian sebagai berikut:

  • Kuota umum dibatasi 60 orang per hari
  • Kuota TO dibatasi 120 orang per hari

Untuk kuota umum, jika anda tidak mendaftarkan diri anda jauh-jauh hari sebelum rencana pendakian anda, seringkali anda akan kehabisan kuota. Ada banyak orang yang mendaki setiap harinya. Umumnya, kuota umum dibooking oleh para pendaki backpacker, anak-anak muda ataupun komunitas pencinta alam.

Bagi anda yang menggunakan jasa Trekking Rinjani Organizer, menurut pengalaman kami sebagai TO resmi, kuota pendakiannya hampir selalu tersedia setiap harinya, jadi anda tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota.

Jika anda memesan kuota pendakian melalui aplikasi e-rinjani, tarif yang ditetapkan oleh pengelola adalah sebesar Rp 5000 per hari saat hari-hari biasa dan Rp 7500 per hari saat hari libur atau tanggal merah.

Harga tiket diatas berlaku hanya untuk wisatawan domestik. Adapun untuk WNA tarifnya mencapai Rp 150.000 per harinya.

Tips Mendaki Gunung Rinjani

Gunung Rinjani memiliki puncak tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Cartenz di Papua dan Gunung Kerinci di Sumatera Barat.

Dengan ketinggian 3726 meter diatas permukaan laut, tentu anda harus mempersiapkan dengan matang rencana pendakian anda. Berikut beberapa tips penting yang bisa anda terapkan sebelum naik Gunung Rinjani:

1. Wajib Pemanasan!

Jangan meremehkan persiapan fisik sebelum mendaki. Setiap tamu yang kami handle kami sangat sarankan untuk pemanasan minimal 7 hari sebelum program pendakian, setiap hari minimal 30 menit jogging.

Hal ini dilakukan untuk menjaga stamina tetap fit dan agar tubuh “tidak kaget” saat mendaki. Otot-otot anda sudah terbiasa.

Apabila kurang pemasanan, hal yang paling sering terjadi pada pendaki adalah kram otot dan ini akan sangat menyiksa anda selama pendakian. Tidak jarang akibat kram otot ini banyak yang akhirnya menyerah dan memutuskan untuk tidak melanjutkan pendakian.

2. Lengkapi Perlengkapan Anda!

Jangan pernah menganggap remeh perlengkapan yang anda bawa saat naik gunung, lengkapi! Gunakan tenda standar untuk pendakian, bawa matras, sleeping bag, jaket tebal dan beberapa pakaian ganti.

Sepatu trekking juga harus anda perhatikan. Gunakan alas kaki yang pas dengan kaos kaki. Jangan menggunakan sepatu kebesaran bahkan kekecilan. Jika kebesaran, tentu saja mendaki gunung menjadi tidak nyaman. Dan jika kekecilan, ini akan sangat beresiko menjadikan kaki anda lecet.

Jika anda menggunakan jasa trekking Rinjani organizer, pastikan TO tersebut memfasilitasi anda dengan perlengkapan yang memadai.

3. Pentingnya Porter!

Terutama bagi pendaki pemula, menggunakan porter akan sangat membantu. Porter akan mengangkut barang-barang anda dan membuat perjalanan anda terasa lebih ringan.

Jika tidak menggunakan porter, kekompakan teman-teman anda saat mendaki adalah yang terpenting. Pastikan dalam group pendakian anda sudah ada orang yang berpengalaman dan mengetahui jalur juga berpenglaman sebagai leader yang bijaksana.

4. Gunakan Jasa Trekking Rinjani Organizer Resmi

Bagi anda yang menggunakan jasa trekking organizer, pilihlah TO resmi yang sudah terdaftar di Balai Taman Nasional Gunung Rinjani. Anda bisa melihat list para TO resmi dengan mengunduh aplikasi e-rinjani di playstore.

Trekking orginizer resmi sudah dibekali dengan pelatihan dan pemahaman akan pelayanan yang baik, nyaman dan aman!

Pesan Paket Trekking Rinjani Sekarang Juga!

Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel

The Langkah Travel menawarkan paket mendaki Rinjani komplit untuk semua jalur diatas dengan service lengkap.

Untuk Paket Trekking Rinjani Via Sembalun dan Senaru kami menawarkan paket pendakian mulai dari 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam, 4 hari 3 malam bahkan lebih bagi anda yang ingin berlama-lama menikmati keindahan alam Rinjani..

Adapun Untuk Paket Trekking Rinjani via Aik Berik dan Timbanuh hanya tersedia selama 2 hari 1 malam karena kedua jalur ini memang tidak bisa tembus ke danau.

Paket Tour Rinjani yang kami tawarkan merupakan full service mulai dari transport, guide, porter, perlengkapan pendakian, konsumsi selama pendakian dan akomodasi sebelum pendakian.