Tempat Wisata Di Lombok

38 Tempat Wisata Di Lombok Lengkap Dengan Tips Saat Berkunjung!

Tempat wisata di Lombok begitu banyak, dan tidak cukup untuk dijelajahi hanya dalam waktu seminggu. Itulah mengapa saat kami mengantar tamu-tamu kami, ada yang ingin kembali lagi dan menikmati destinasi lainnya yang belum sempat dikunjungi.

Lombok memang ngangenin!

Dari berbagai destinasi tersebut ada yang cukup mudah ditempuh dan ada yang butuh perjuangan. Mulai dari pantai, tempat-tempat budaya, bukit, hingga gili-gili (pulau kecil) yang jumlahnya puluhan di Pulau Lombok.

Anyway, berikut beberapa daftar tempat wisata di Lombok untuk referensi anda merencanakan liburan di Pulau Seribu Masjid ini.

Tempat WIsata Di Kota Mataram

1. Pantai Ampenan

Tempat Wisata Di Lombok

Pantai Ampenan merupakan tempat wisata di Lombok yang asyik untuk nongkrong sambil menyantap makanan dan minuman yang dijual oleh pedagang kaki lima yang berbaris rapi di pesisir pantai. Juga merupakan salah satu spot sunset terbaik yang bisa anda nikmati tanpa perlu pergi jauh-jauh keluar kota.

Kota Ampenan termasuk dekat dari pusat Kota Mataram bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor. Dekat, sekitar 5-10 menit anda sudah tiba di sini.

Untuk dapat mengakses pantai ini, anda cukup merogoh kocek Rp 2000 sebagai tiket parkir.

2. Pura Meru

Tempat Wisata Di Lombok

Bagi anda yang menyukai wisata budaya dan sejarah, Pura Meru merupakan pura terbesar dan salah satu pura tertua di Lombok yang dibangun pada tahun 1720.

Terletak di sekitaran Kota Mataram dan sangat mudah diakses baik menggunakan kendaraan motor pribadi atau angkutan umum di perkotaan.

3. Islamic Center Mataram

Tempat Wisata Di Lombok

Salah satu ikon Pulau Lombok, pusat kajian dakwah Islam dan terdapat masjid yang bernama Masjid Hubbul Wathan. Sering sekali diselenggarakan event keagamaan di tempat ini terutama saat Bulan Ramadhan.

Bagi anda yang bergama Islam dan kebetulan sedang liburan di Lombok, singgahlah di tempat ini untuk menunaikan ibadah wajib dan anda akan terkagum dengan kemegahannya.

Islamic Center Mataram tepat berada di tengah-tengah Kota Mataram, menaranya yang menjulang tinggi dapat terlihat dari hampir seluruh wilayah Kota Mataram.

Anda dapat melihat view Kota Mataram dari atas Menara 99.

4. Taman Mayura

Tempat Wisata Di Lombok

Seperti halnya Pura Meru, Taman Mayura merupakan peninggal Kerajaan Bali di Pulau Lombok dengan nilai histori yang tinggi. Cocok bagi anda yang suka mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

Taman Mayura hanya berjarak sekitar 200 meter dari Pura Meru, masih di sekitaran Kota Mataram dan sangat mudah diakses baik menggunakan kendaraan motor pribadi atau angkutan umum di perkotaan.

Memasuki kawasan ini anda akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp 10.000 per orang.

Destinasi Lombok Barat

5. Bukit Batu Idung

Tempat Wisata Di Lombok Barat

Sunsetview, soft trekking dan spot paralayang

Bukit Batu Idung berada di Kecamatan Lembar, Lombok Barat dan berjarak sekitar 30 menit dari Kota Mataram, patokannya Jembatan Gantung Gerung, lolos sedikit di sebelah kiri jalan ada jalan menuju kampung, anda akan melihat tanda menuju Bukit Batu Idung, ikuti dan sampai.

Bukit ini terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya, juga merupakan salah satu spot paralayang.

Jika pilot-pilot sedang beraksi di bukit ini, akan menjadi tontonan menarik bagi wisatawan yang kebetulan berkunjung di Bukit Batu Idung.

Anda cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 2000 untuk dapat menuju Bukit Batu Idung.

Baca juga: Bukit Indah Itu Bernama Batu Idung

6. Gili nanggu

Tempat Wisata Di Lombok

Gili Nanggu terletak di Desa Tawun, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Dari Kota Mataram berkendara selama sekitar 1,5 jam menuju pelabuhan penyebrangan di Desa Tawun, Sekotong Tengah. Tiba disana ada banyak pemilik boat yang siap digunakan jasanya untuk mengantar anda ke Gili Nanggu.

Aktivitas yang dapat anda lakukan saat di Gili Nanggu adalah snorkeling dengan karang hasil tranplantasi yang tumbuh dengan baik dengan ikan-ikan cantik warna-warni. Anda juga bisa berjalan kaki keliling pulau selama sekitar 20 menit.

Adapun biaya-biaya yang perlu anda keluarkan saat mengunjungi Gili Nanggu:

  • Sewa Boat Rp 300.000,- dengan kapasitas 6-10 orang. Harga tersebut juga termasuk mengunjungi Gili Sudak dan Gili Kedis.
  • Sewa alat snorkeling kisaran Rp 30.000,-
  • Tiket masuk Gili Nanggu Rp 5.000,-/orang

Belilah roti tawar yang telah dimasukkan ke dalam botol air minum kemasan sebelum menyeberang. Bisa juga didapatkan di sekitar pelabuhan penyebrangan. Gunanya agar saat snorkeling ikan-ikan akan ramai mengitari anda.

7. Gili Sudak

Tempat Wisata Di Lombok

Gili Sudak terletak bersebelahan dengan Gili Nanggu dan dapat diakses menggunakan boat yang sama dengan yang anda gunakan saat ke Gili Nanggu.

Gili Sudak merupakan pulau kecil yang memiliki rumah makan yang menjual menu seafood hasil tangkapan nelayan lokal dengan harga berkisar Rp 70.000,-.

Biasanya wisatawan akan snorkeling di Gili Nanggu dan Gili Kedis, kemudian makan siangnya di Gili Sudak. Wah, terdengar sangat menyenangkan ya.

8. Gili Kedis

Tempat Wisata Di Lombok Barat

Gili Kedis menjadi pulau terakhir yang akan anda kunjungi setelah Gili Nanggu dan Gili Sudak.

Selain snorkeling tidak banyak yang bisa anda lakukan di Gili Kedis. Tapi jangan salah panorama alamnya yang indah dan pulaunya yang begitu mungil menjadi salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Pulau Lombok.

Baca juga: Gili Nanggu, Sudak dan Gili Kedis + Tips Liburan dan Biaya

9. Bukit Pengawisan

Tempat Wisata Di Lombok Barat

Bukit Pengawisan terletak di Desa Sekotong, Lombok Barat. Dari Kota Mataram berjarak 1,5 jam dan dari Desa Tawun hanya berjarak 10 menit.

Bagi anda yang baru saja selesai mengunjungi Gili Nanggu, Sudak dan Kedis, silahkan kesini dan anda tidak akan menyesal dengan pemandangannya. Setelah Hotel Sundancer, belok kiri, kemudian setelah kira-kira 300 meter ada jalan setapak di sebelah kanan, masuk dan anda akan menemukan bukit ini. Motor dan mobil bisa masuk.

10. Taman Wisata Sesaot

Tempat Wisata Di Lombok

Taman Wisata Sesaot terletak di Dusun Aik Nyet, Desa Sesaot, Lombok Barat, dari Kota Mataram berjarak 25 km atau 30 menit perjalanan, sampai di tempat parkir berjalan kaki diantara tingginya pepohonan menuju Pemandian Aik Nyet.

Sesaot merupakan kawasan hutan yang hijau dan asri dengan sungai yang dimana air selalu mengalir dengan jernihnya menjadikan tempat ini cocok buat piknik ataupun berkemah. Banyak gazebo dan infrastruktur yang sudah tertata dengan rapi. Anda juga bisa menikmati kuliner lokal Lombok yaitu Sate Bulayak. Seru lah pokoknya, makan sate sambil lihat pemandangan yang adem.

11. Desa Banyumulek

Tempat Wisata Di Lombok

Desa Banyumulek dapat anda tempuh dari Kota Mataram sekitar 15 menit ditempuh dengan kendaraan bermotor. Bisa melewati bypass yang menuju Bandara Internasional Lombok.

Desa Banyumulek merupakan sentra kerajinan industri gerabah dengan hasil seni yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Di Desa ini anda bisa melihat proses pembuatan gerabah bahkan mencoba untuk membuat sendiri gerabah yang diajarkan oleh ibu-ibu dari desa setempat.

Jika ingin mencoba membuat sendiri gerabah tinggal memberikan uang seikhlasnya kepada ibu-ibu yang mengajarkan. Anda juga bisa membeli hasil kerajinan seni dengan kisaran harga mulai puluhan ribu hingga jutaan.

12. Pura Batu Bolong

Tempat Wisata Di Lombok

Pura Batu Bolong terletak di kawasan Senggigi, dari Kota Mataram sekitar 15 menit, tepat berada di pinggir jalan utama.

Pura Batu Bolong bisa menjadi alternatif destinasi yang bisa anda kunjungi bagi anda yang menyukai wisata religi dan sejarah dengan atmosfer yang menenangkan dan refresh.

Baca juga: Pantai Senggigi Lombok Yang Mempesona

Tempat Wisata Di Lombok Utara

13. Bukit Nipah

Tempat Wisata Di Lombok Utara

Bukit Nipah terletak Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Melewati Jalan Lintas Senggigi, sekitar 45 menit dari Kota Mataram.

Anda bisa berkunjung ke tempat ini sambil makan ikan bakar segar sambil menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah.

Bukit Nipah juga sering menjadi tempat persinggahan sementara untuk sekedar mengambil foto oleh para wisatawan yang ingin berkunjung ke Gili Trawangan.

14. Gili Trawangan

Tempat Wisata Di Lombok

Siapa sih yang tidak kenal Gili Trawangan? Destinasi yang satu ini wajib banget masuk dalam bucket list anda saat berlibur ke Pulau Lombok.

Dari Kota Mataram berjarak sekitar satu jam perlanan menuju Pelabuhan penyeberangan kemudian naik boat menuju Gili Trawangan.

Beberapa aktivitas wisata yang dapat anda lakukan diantaranya: snorkeling, menyelam, olahraga air, bersepeda, berkuda, menginap di hotel mulai dari yang murah hingga berbintang lima ada di Gili.

Tiket menyeberang ke Gili menggunakan public boat melalui Pelabuhan Bangsal  Rp 20.000,-/orang.

Menyeberang dengan carter fast boat melalui Pelabuhan Teluk Nare Rp 400.000,- dengan kapasitas maksimal 8 orang.

Harga makanan dan minuman di Gili Trawangan cukup mahal. Sebaiknya beli dulu makanan dan minuman sebelum menyeberang ke Gili Trawangan.

Sewalah sepeda untuk aktivitas anda di Gili Trawangan karena disana tidak ada kendaraan bermotor. Harga sewa Rp 20.000,-/jam, cobalah menawar jika anda berencana menyewa untuk waktu yang lebih lama. Jika anda menginap, beberapa hotel besar memberikan gratis untuk sewa sepeda.

Baca juga: Tips Lengkap Liburan Ke Gili Trawangan

15. Pantai Tebing

Pantai Tebing, Lombok Utara

Pantai Tebing terletak di Jl. Raya Bayan, Desa Rempek, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara.

Dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak tempuh 1,5 jam dari Kota Mataram

Pantai Tebing merupakan tempat berfoto yang epic. Lautnya yang biru cukup indah, tapi yang mengagumkan adalah tebing tinggi di belakangnya.

16. Rinjani Lodge

Rinjani Lodge, Senaru, Lombok Utara

Rinjani Lodge ini sebenarnya adalah sebuah hotel. Tapi mulai ngehits karena ada kolam renang yang berhadapan langsung dengan hijaunya suasana alam Desa Senaru. Kolam renang disini tidak begitu besar tapi asyik aja buat mandi karena airnya langsung diambil dari mata air pegunungan.

Rinjani Lodge dapat ditempuh dengan 2,5 jam berkendara dari Kota Mataram, berada di jalan utama Desa Senaru tepatnya sebelah kiri jalan sebelum gerbang masuk ke Air Terjun Sendang Gila.

Untuk dapat berenang di kolam renang yang ngehits ini anda cukup memesan makanan dari restoran hotel.

17. Air Terjun Sendang Gila

Air Terjun Sendang Gila, Senaru, Lombok Utara

Untuk menuju Air Terjun Sendang Gila, dari Kota Mataram menuju Desa Senaru anda harus menempuh jarak 2,5 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Anda akan dikenakan biaya parkir Rp 5000 untuk kendaraan anda dan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Jika belum pernah kesini, sewalah guide lokal untuk menujukkan arah dengan tarif sekitar Rp 75.000,-.

Jangan lupa bawa minuman dan snack karena jalan kakinya lumayan melelahkan, tapi worth it dengan sajian alam yang disuguhkan.

18. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep, Senaru, Lombok Utara

Air Terjun Tiu Kelep berada pada satu kawasan yang sama dengan Air Terjun Sendang Gila, hanya saja untuk menuju Air Terjun Tiu Kelep anda harus berjalan kaki lebih jauh lagi. Sekitar 15 menit jalan kaki dari Air Terjun Sendang Gila.

Air terjun Tiu Kelep merupakan air terjun terindah dan paling terkenal di Pulau Lombok.

Baca juga: Sendang Gila dan Tiu Kelep, Pesona Dua Air Terjun Dalam Sekali Jalan

19. Kebun Kopi Senaru

Kebun Kopi Senaru, Lombok Utara

Tempat wisata di Lombok dengan spot selfie yang hits banget dan tentu saja, tempat asyik buat seruput kopi.

Kebun kopi ini terletak di Desa Snaru, Bayan, dari Kota Mataram membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Setibanya di Senaru, motor bisa langsung menuju lokasi Kebun Kopi Senaru. Bagi anda yang menggunakan mobil, anda harus parkir di Depan Kantor Taman Nasional Gunung Rinjani kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki selama sekitar 10 menit.

Tempat Wisata Di Lombok Tengah

20. Dusun Adat Sade

Desa Sade, Rambitan, Lombok Tengah

Lokasi

Dusun Adat Sade terletak di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah

Jika dari Kota Mataram berjarak 1 jam perjalanan dan dari Bandara Internasional Lombok cuma 15 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Anda dapat melihat bentuk Rumah Adat Suku Sasak yang masih mempertahankan keaslian bangunannya. Anda juga bisa melihat pembuatan kain tenun dari Perempuan Sasak dan berbagai hasil kain tenunnya yang dijual.

Jika anda baru pertama kali kesini gunakanlah guide lokal yang akan menjelaskan berbagai hal tentang Desa Adat Sade. Guide lokal ini bisa anda bayar seikhlasnya.

Baca juga: Melihat Pembuatan Kain Tenun Di Desa Adat Sade

21. Pantai Mawun

Pantai Mawun, Lombok Tengah

Lokasi

Terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, dari Kota Mataram anda harus menempuh jarak sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Pantai Mawun merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang indah, laut yang biru dengan ombak yang tenang, cocok untuk bersantai dan mandi di pantai.

Tiket masuk Rp 5.000,- menggunakan sepeda motor dan Rp 10.000 menggunakan mobil

Baca juga: Ketenangan Hakiki di Pantai Mawun Lombok

22. Pantai Seger

Pantai Seger, Kuta, Lombok Tengah

Lokasi

Pantai Seger terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah dan dapat ditempuh selama 1,5 jam berkendara dari Kota Mataram.

Pantai Seger terkenal dengan bukit-bukitnya yang tidak terlalu tinggi dan dapat dengan mudah anda daki. View dari atas bukit sangat indah.

Dari atas bukitnya anda juga dapat melihat Sirkuit Mandalika.

Tiket masuk Rp 5.000,- untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

23. Bukit Merese

Bukit Merese, Kuta, Lombok Tengah

Masih berada di Kawasan Kuta Lombok, dari Kota Mataram berjarak sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Bukit Merese menjadi bukit yang paling hits di Lombok dalam beberapa tahun terakhir, anda tidak boleh melewatkan tempat ini jika berlibur di Lombok. Datanglah pada sore hari menjelang sunset, viewnya sangat menakjubkan.

Jika mengunjungi Bukit Merese, kunjungi juga Pantai Tanjung Aan, Pantai Batu Payung, dan Pantai Seger. Jaraknya dekat dan bisa ditempuh dalam sehari. Jangan lupa juga ke Tanjung Bongo.

Baca juga: Bukit Merese dan Tips Untuk Liburan Yang Maksimal

24. Tanjung Bongo

Tanjung Bongo, Kuta, Lombok Tengah

Jika anda berada di Bukit Merese, pergilah ke ujung sebelah selatan Bukit Merese (jalan kaki saja) anda akan melihat semcam turunan yang mudah untuk dilalui di sebelah kanan. Turun dan temukan Tanjung Bongo.

25. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan, Kuta, Lombok Tengah

Pantai Tanjung Aan dapat anda tempuh ari Kota Mataram sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor, dan berada tepat di sebelah timur Bukit Merese.

Anda dapat menikmati pesona alam dengan pasir puti sebesar biji merica dan lautnya yang biru.

26. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung, Kuta, Lombok Tengah

Tempat wisata di Lombok yang satu ini menawarkan keindahan alam dan kenunikan batu yang menjulang tinggi dan terbentuk dari proses alami alam di sekitarnya.

Untuk menuju Pantai Batu Payung, dari Kota Mataram sekitar 2 jam dengan kendaraan bermotor kemudian menyeberang menggunakan perahu dari Pantai Tanjung Aan dengan tarif sekitar Rp 250.000,-/perahu

Atau geser kendaraan agak ke Timur sedikit dari Pantai Tanjung Aan, dan berjalan kaki selama 10 menit menyusuri pantai dan tebing.

Baca juga: 7 Pantai Eksotis Di Lombok Bagian Selatan

27. Taman Wisata Alam Gunung Tunak

TWA, Gunung Tunak, Lombok Tengah

Lokasi

Gunung Tunak bukanlah gunung, melainkan kawasan pantai dan perbukitan.

Terletak di Tanjung Bungkulan, Desa Mertak, Kabupaten Lombok Tengah.

Sekitar 2,5 jam dari Kota Mataram menggunakan kendaraan bermotor. Jika ingin kesini sebaiknya beramai-ramai.

Saat berada disini anda dapat menyusuri garis pantai dengan pasir putih yang diapit diantara dua tebing besar di kiri dan kanannya. Anda juga bisa menaiki bukit tersebut dan melihat laut lepas yang biru dan luas.

Tiket masuk Rp 10.000,-/orang

Baca juga: Tips Liburan Manja Ke Pantai Selong Belanak Lombok

Tempat Wisata Di Lombok Timur

28. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur

Lokasi

Bukit Pergasingan terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Salah satu tempat wisata di Lombok dimana anda dapat melakukan soft trekking, camping dengan suasana sunrise dan sunset yang indah

Untuk menuju Bukit Pergasingan pertama anda harus ke Desa Sembalun sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Tepatnya di Sembalun Lawang. Setelah itu dilanjutkan dengan soft trekking selama 2 jam menuju Puncak Bukit Pergasingan.

Adapun biaya yang dipungut oleh pengelola sebesar Rp 10.000,-/orang.

Berikut beberapa tips tambahan bagi anda yang ingin berkunjung ke Bukit Pergasingan:

  • Ajaklah teman yang pernah mendaki Bukit Pergasingan atau sewalah guide dengan tarif Rp 175.000/hari.
  • Bawalah stok makanan dan minuman, mata air hanya terdapat di puncak bukit namun lokasinya cukup tersembunyi.
  • Sebaiknya anda camping dan membawa tenda, suasana saat matahari terbit dari tempat ini sangat mengesankan.

29. Bukit Anak Dara

Bukit Anak Dara, Sembalun, Lombok Timur

Untuk aktivitas, bagaimana cara ke sana dan biaya yang dibutuhkan sama dengan Bukit Pergasingan.

Bedanya, disini tidak ada mata air dan untuk mencapai puncak butuh waktu 4 jam. Jadi bawa air yang banyak atau gunakan jasa guide dan porter dengan tarif Rp 175.000,-/orang.

30. Bukit Nanggi

Bukit Nanggi, Sembalun, Lombok Timur

Untuk aktivitas, bagaimana cara ke sana dan biaya yang dibutuhkan sama dengan Bukit Pergasingan.

Bedanya, jika Bukit Pergasingan gerbang masuknya melalui Sembalun Lawang, maka Bukit Nanggi melalui Sembalun Bumbung.

Disini juga tidak ada mata air dan untuk mencapai puncak butuh waktu 4 jam. Jadi bawa air yang banyak atau gunakan jasa guide dan porter dengan tarif Rp 175.000,-/orang.

Baca Juga: 9 Bukit Indah Yang Ada Di Pulau Lombok

31. Gili Kondo

Gili Kondo, Lombok Timur

Untuk menuju Gili Kondo, dari Kota Mataram berkendara sekitar 2,5 jam ke arah Desa Sambelia, Labuhan Pandan, Lombok Timur. Kemudian carilah Pantai Padak Guar, di sana sudah berkumpul banyak perahu untuk mengantar anda menyeberang ke Gili Kondo.

Sewa perahu Rp 250.000,- kapasitas hingga 10 orang.

32. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit, Lombok Timur

Lokasi

Tanjung Ringgit terletak di Jl. Lingkok siwaq, Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Dari Kota Mataram sekitar 2,5 jam. Searah dengan Pantai Pink jika melalui jalur darat.

Meskipun tidak banyak yang bisa dialakukan di tempat ini, tapi menurut kami inilah salah satu tempat wisata di Lombok yang paling cantik. Berdiri di atas tebing memandang laut lepas akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Baca juga: Tanjung Ringgit, Surga Di Ujung Timur Pulau Lombok

33. Pantai Pink

Pantai Pink, Lombok Timur

Lokasi

Pantai Pink terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Ada dua akses jalan yang bisa anda gunakan jika ingin berkunjung ke Pantai Pink.

Melalui darat di tempuh dengan perjalanan selama 2,5 jam. Jangan lupa mampir ke Tanjung Ringgit.

Melalui laut, menyeberang melalui Pantai Tanjung Luar. Ada biaya tambahan untuk perahu tapi bonusnya banyak. Anda tidak hanya ke Pantai Pink, tapi juga diajak mengunjungi beberapa gili di sekitar Pantai Pink.

Jika lewat darat, anda membayar tiket masuk Rp 10.000,- untuk mobil dan Rp 5.000,- untuk motor.

Jika lewat laut, sewa boat dengan kisaran harga Rp 500.000,-.

34. Gili Petelu

Gili Petelu, Lombok Timur

Gili Petelu merupakan salah satu tempat wisata di Lombok dengan pemandangan alam bawah lautnya yang indah menjadikan tempat ini cocok untuk snorkeling

Untuk menuju Gili Petelu, hanya bisa ditempuh jika anda menggunakan perahu menuju Pantai Pink. Gili Petelu adalah salah satu gili yang dikunjungi saat menyeberang ke Pantai Pink.

35. Pulau Pasir

Pulau Pasir, Lombok Timur

Pulau Pasir merupakan salah satu tempat wisata di Lombok dimana anda dapat merasakan sensasi berdiri di atas pulau yang hanya ada pasir, kiri kanan depan belakang semua laut.

sama halnya seperti Gili Petelu, Pulau Pasir hanya bisa ditempuh jika anda menggunakan perahu menuju Pantai Pink. Pulau Pasir adalah salah satu gili yang dikunjungi saat menyeberang ke Pantai Pink.

Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani

36. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani, Lombok

Gunung Rinjani merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang hanya bisa ditempuh melalui program trekking.

Saat ini terdapat lima jalur resmi untuk pendakian yaitu Sembalun Senaru, Aik Berik, Timbanuh dan Torean

Sebelum melakukan pendakian, persiapan yang matang adalah kunci. Tenda, logistik, pakaian tebal hingga penerangan adalah beberapa perlengkapan trekking yang perlu anda bawa.

Sebaiknya mulailah pendakian melalui Jalur Sembalun karena treknya lebih mudah dibandingkan Senaru.

Jika ingin dapat Puncak dan Danau Segara Anak, trip minimal 3 hari (ini sudah ngebut). Jika ingin agak santai ambillah program lebih lama dari itu ( 4 hari ke atas).

Gunakan jasa guide dan porter jika anda butuk pemandu dan orang yang membawakan barang anda.

Baca juga: 4 Jalur Pendakian Resmi Gunung Rinjani Lombok

37. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak, Gunung Rinjani, Lombok

Berada di tengah-tengah Gunung Rinjani, Danau Segara Anak merupakan tempat paling eksotis menurut kami sejauh ini.

Perjuangan yang diperlukan akan terbayar lunas saat anda sudah berada disini.

38. Air Terjun Penimbungan

Air Terjun Penimbungan, Gunung Rinjani, Lombok

Tidak ada akses menuju ke bawah Air Terjun Penimbungan. Anda hanya bisa melihatnya dari jauh. Tempat wisata di Lombok dengan Air terjun terindahnya ini hanya dapat anda lihat jika mendaki Gunung Rinjani melalui jalur Torean (jalur adat dan tidak resmi).

Summary
38 Tempat Wisata Di Lombok Lengkap Dengan Tips Saat Berkunjung!
Article Name
38 Tempat Wisata Di Lombok Lengkap Dengan Tips Saat Berkunjung!
Description
Tempat wisata di Lombok ini bisa anda menjadi referensi sebelum memulai liburan. Lihat dan rencanakan kemana saja destinasi yang ingin anda kunjungi.
Author
Publisher Name
The Langkah Travel

2 pemikiran pada “38 Tempat Wisata Di Lombok Lengkap Dengan Tips Saat Berkunjung!”

Tinggalkan komentar