Desa Batu Dulang, Sumbawa Dan Alasan Kenapa Kamu Harus Kesini!

Desa Batu Dulang berlokasi di Kecamatan Batulanteh, sekitar 45 menit dari Kota Sumbawa Besar jika ditempuh dengan kendaraan bermotor. Jalan ke Batu Dulang sudah hot mix, jadi walaupun jalan yang ditempuh menanjak dan berliku perjalananmu dijamin tetap aman dan meyenangkan. Belum lagi view yang disajikan sepanjang perjalanan membuatmu tidak akan bosan berada di atas kendaraan.

Desa Batu Dulang merupakan salah satu desa yang dikembangkan menjadi salah satu desa ekowisata oleh pemerintah karena potensi desanya yang luar biasa. Nah, potensi desa inilah yang seharusnya menjadi alasan jika kamu liburan ke Sumbawa, jangan lupa mengunjungi Desa Batu Dulang.

Apa saja potensi wisatanya, yuk kita simak satu per satu:

1. Wisata Edukasi, Belajar Dari Alam

Kebun Kopi Batu Dulang

Berkunjung ke Desa Ekowisata Batu Dulang, kamu bisa melihat dan terlibat dalam kegiatan yang kental dengan nuansa pedesaannya seperti memetik kopi langsung dari kebunnya, melihat warga desa yang sedang mencari biji kemiri hingga pengolahannya, bahkan kamu juga bisa melihat mereka memanen madu. Untuk madu, kamu akan ditunjukkan dimana biasanya mereka mencari madu, melihat pepohonan-pepohonan tempat biasa dimana lebah membangun sarangnya. Menyusuri hutan-hutan yang berakhir dengan melihat air terjun yang ditata dengan asri oleh warga sekitar tentu bisa menjadi pengalaman yang seru.

2. Air Terjun Di Desa Batu Dulang

Air Terjun Tiu Dua

Ada tiga air terjun yang bisa kamu kunjungi saat ke Desa Batu Dulang yaitu Air Terjun Tiu Dua, Prong Panyang dan Morang Ai. Yang paling terkenal adalah Air Terjun Tiu Dua, berjalan kaki sekitar 20 menit dari pintu masuknya kamu bisa menikmati air terjun dengan airnya yang jernih dan segar.

Tiu Dua Batu Dulang

Perjalanan menuju Air Terjun Tiu Dua ini kamu akan melewati hutan lindung, dan melihat sarang lebah madu baik yang sudah dipanen atau belum. Warga yang mengantarmu akan dengan senag hati menjelaskan jenis pohon-pohon tersebut dan jenis lebih yang menyinggahinya. Jadi, 20 menit perjalananmu menuju air terjun tidak akan terasa melelahkan.

3. Teba Panotang Batu Dulang

Teba Panotang Batu Dulang

Teba Panotang adalah nama dari sebuah bukit yang ada di Desa Batu Dulang dengan view yang sangat menakjubkan. Teba artinya lembah, dan lembah di Teba Panotang ini berhadapan langsung dengan Pulau Moyo dan Gunung Tambora.

Jika kamu camping di lokasi ini, malam harinya kamu bisa melihat cahaya lampu dari Kota Sumbawa dan pagi harinya, jangan sampai kamu melewatkan moment sunrisenya. Gradasi warna langit saat matahari terbit terlihat begitu indah dari bukit ini.

Sunrise Batu Dulang

Well, itulah tiga alasan kenapa kamu harus ke Desa Batu Dulang. Satu lagi, jangan lupa mengenakan jaket karena hawanya lumayan dingin mengingat desa ini memiliki ketinggian 640 meter dari permukaan laut.

Buat kamu yang gak mau repot mempersiapkan segala sesuatunya, The Langkah Travel juga menyediakan paket wisata satu hari menuju Desa Batu Dulang. Informasi lengkap mengenai paket wisatanya bisa kamu klik di gambar di bawah ini ya 🙂

Paket Wisata Sehari Desa Batu Dulang Sumbawa

6 pemikiran pada “Desa Batu Dulang, Sumbawa Dan Alasan Kenapa Kamu Harus Kesini!”

  1. Mau tanya min, jalan ke Teba panotang sudah hotmix juga kah?

    Balas
    • Terakhir kesana 3 bulan yang lalu sih belum. Kalo pake mobil, mending parkir dibawah terus lanjut jalan kaki atau naik ojek

      Balas
  2. Mau tanya min, kenapa di sebut air terjun Morang Ai, air ternjun Prong panyang dan bagaimana tentang perjalanan untuk kesana

    Balas
    • Itu air terjun dimana ya? Apakah masih masuk kawasan Desa Batu Dulang?

      Balas
    • Prong Panyang dan Morang Ai itu bagaimana min?..
      Itu maksud saya…
      Terus bagaimana ke sana?

      Balas
      • Yg terdapat Di penjelasan Air Terjun Tiu Dua itu

        Balas

Tinggalkan komentar