Berwisata ke Pantai Pandanan, Hati Senang, Perut Kenyang

Pantai Pandanan

Pulau Lombok sejak dulu dikenal memiliki surganya pantai-pantai cantik. Kalau di awal 90-an Pantai Senggigi menjelma menjadi semacam icon wisata pantai di Lombok, maka kini ada begitu banyak pantai yang menjadi favorit para wisatawan. Terbentang dari Barat ke Timur, dari Utara hingga ke Selatan. Sebut saja Pantai Pink Tangsi, Pantai Mawun, Pantai Mandalika Kuta, Pantai Seger, Pantai Selong Belanak dan masih ada banyak lagi pantai yang siap mempesona pengunjungnya.

Nah, diantara begitu banyaknya pantai keren di Lombok, masing-masing memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri. Tak terkecuali Pantai Pandanan yang lokasinya secara pemerintahan memang berada di Kabupaten Lombok Utara, namun secara geografis berada di sisi Barat Pulau Lombok.

pandanan2

Kalau anda datang dari pusat Kota Mataram ada 2 cara yang dapat ditempuh untuk sampai ke Pantai Pandanan. Rute yang pertama adalah Mataram – Ampenan – Montong – Senggigi – Malimbu – Nipah – Pandanan. Sedangkan rute alternatif adalah Mataram – Gunung Sari – Pusuk – Perempatan Bangsal – Kecinan – Pandanan. Sedangkan waktu tempuh yang dibutuhkan dari Mataram jika berkendara adalah +- 1-1,5 jam saja. Waktu yang akan terasa cukup singkat karena kedua rute itu tidak akan membuat anda bosan di perjalanan. Tidak lain karena pemandangan sepanjang jalan yang juga tidak kalah mempesona dibandingkan tujuan utama yaitu Pantai Pandanan.

Pantai Pandanan ini sendiri sangat spesial karena memiliki panorama yang sangat cantik, berlatar perbukitan hijau, ditambah pepohonan nyiur yang berada di sisi pantai. Belum lagi pasir pantai yang putih dan bersih. Dijamin akan memanjakan mata dan membuat pengunjung betah berlama-lama di Pantai Pandanan. Tidak seperti mayoritas pantai-pantai yang berada di pesisir barat Pulau Lombok yang berpasir coklat, pantai ini memiliki pasir yang putih bersih dan halus.

Panorama pandanan new

Aktifitas pengunjung yang datang ke sini biasanya untuk mandi-mandi atau sekadar mantai nyantai gitu karena selain pantainya yang landai juga arus ataupun ombak di sini relatif tenang. So, aman untuk berbasah-basah ria alias family-friendly. Oh iya, Gili Trawangan yang terkenal itu pun nampak dari Pandanan ini lhooo. Dan tidak itu saja, ada satu lagi yang akan membuat pengunjung pantai ini tidak mudah melupakan pesonanya. Mengunjungi Pantai Pandanan tidak hanya akan memuaskan mata tetapi juga perut. Perut?? Yeap… perut! Karena di sini banyak para pedagang yang menawarkan ikan bakar yang maknyusssss.

Kuliner Pandanan

Berkunjung ke Pandanan ini tak akan lengkap rasanya, jika anda tidak mencoba kuliner yang dijajakan warung-warung dengan berugak (pendopo) di pinggir pantai. Jadi, anda tinggal pilih warung dan ikan laut jenis apa saja yang diinginkan. Ikannya fresh from the oven sea lohhh… Segar!

Selain ikan bakar, menu lain yang tak kalah yummy adalah terong bakar dan sayur daun kelor. Kombinasi nasi hangat + sayur daun kelor + terong bakar dan ikan bakar + suasana pantai = sempurna. Sumpah! Ciyus!

Jadi bener kan, wisata ke Pantai ini bisa membuat hati senang sekaligus perut kenyang.

Ga percaya? Ke Pandanan aja

SONY DSC

Pantai Pandanan

Satu pemikiran pada “Berwisata ke Pantai Pandanan, Hati Senang, Perut Kenyang”

Tinggalkan komentar