Taman Narmada, Lombok Barat, Tempat Istirahatnya Sang Raja

Lombok tidak hanya memanjakan para wisatawan dengan keindahan pantai maupun kelezatan kulinernya. Tidak pula hanya dengan keindahan alam saat mendaki Gunung Rinjani nya. Pulau kecil ini juga begitu kaya akan tempat wisata budaya. Salah satunya adalah Taman Narmada. Taman ini dibangun oleh raja Mataram Lombok yaitu Anak Agung Ngurah Karang Asem padatahun 1727. *“Wow,, kebayang kan betapa klasiknya taman ini”*. Ratusan tahun dan masih menjadi tujuan wisata yang selalu ramai pengunjung terutama di musim liburan. Taman ini terletak di desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Jaraknya sangat dekat dari kota Mataram sebagai ibu kota provinsi NTB. Hanya sekitar 10 km dari Kota Mataram. Sangat cocok untuk dikunjungi terutama bagi anda yang sangat menyukai sejarah dan wisata budaya.

Taman ini dulunya digunakan sang raja sebagai tempat Upacara Mulang Pekelem dan juga sebagai tempat istirahatnya keluarga raja. Betapa sakral dan spesialnya taman ini ratusan tahun yang lalu. Pastilah rakyat biasa tak akan boleh menginjakkan kakinya di taman ini. Luas area Taman Narmada sekitar dua hectare sehingga bagi kamu yang berkunjung butuh tenaga yang cukup ekstra untuk bisa mengelilingi keseluruhan taman apalagi ada banyak sekali anak tangga yang menghubungkan bagian yang satu dengan yang lainnya. Tapi jangan khawatir, karena di taman ini terdapat kolam renang dan tempat pemandian. Air di tempat ini sangat dingin dan segar.

U

Kompleks taman Narmada dibagi menjadi beberapa bagian yaitu gerbang utama, Jabalkap, Telaga Kembar, Gapura Gelang/Paduraksa, Mukedes, Telaga Padmawangi, Balai Loji, Balai Terang, Patandaan, Bangunan Sekepat, Balai Bancingah, Pura Kelasa dan Pura Lingsar yang kesemuanya memiliki fungsinya masing-masing. Nah, buat kalian yang penasaran dengan fungsinya, silahkan berkunjung disini dan kamu akan tahu apa saja fungsinya karena di bagian depan masing-masing bangunan tersebut sudah dipasang papan berwarna hijau yang bertuliskan nama dan fungsinya pada zaman dahulu. Di taman ini juga terdapat sumber air yang diyakini bisa membuat anda awet muda.* “Hmmmm, perlu anda coba”. *Mata air ini merupakan tempat pertemuan tiga sumber air yaitu Suranadi, Lingsar, dan Narmada. Mata air ini berasal langsung dari Gunung Rinjani. Itulah kenapa diyakini bisa membuat orang yang meminum dan membasuh muka di sini bisa awet muda.

Selain air awet muda, beberapa waktu ini ada lokasi yang begitu ramai dikunjungi anak muda untuk berfoto. Berada di area Taman Paresak di bagian belakang taman setelah melewati kebun manggis terdapat pipa air peninggalan zaman Belanda. Pipa air itu sangat unik dan cukup panjang. Sekilas kita tidak akan menyangga bahwa tempat itu adalah bekas pipa air. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu perlu untuk mencoba berfoto di sana.

Taman Narmada 3

Tinggalkan komentar