Pulau Kenawa, Pulau Istimewa di Sumbawa Barat, NTB

Pulau Kenawa terletak di ujung barat Pulau Sumbawa. Pulau Sumbawa sendiri memang tidak sedemikian dikenal layaknya tetangganya, yaitu Pulau Lombok. Namun potensi wisata yang dimiliki Pulau Sumbawa pun tidak kalah hebat.

Bahkan bagi mereka para wisatawan yang telah mengetahuinya, rasanya tidak akan berhenti mengunjungi tempat-tempat lain di Pulau Sumbawa.

Untuk urusan pulau-pulau di sekitar Pulau Sumbawa yang indah, tidak perlu ditanyakan lagi. Nama-nama seperti Pulau Moyo dan Pulau Kenawa, sejak lama telah dikenal tidak hanya oleh wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara.

Oleh karena itu, pada tulisan kali ini kami akan membahas mengenai Pulau Kenawa. Sebuah pulau tidak berpenuhi yang memiliki luas sebesar 15 hektar dengan garis pantai membentang sejauh sekitar 1,73 km ini terletak di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Yuk, liburan ke Sumbawa!

Akses Menuju Pulau Kenawa Dari Lombok?

Pulau Kenawa Sumbawa Barat

Untuk sampai ke pulau dengan hamparan padang savana yang luas ini, anda harus menuju Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur untuk menyeberang menggunakan kapal fery selama dua jam. Kapal fery ini akan mengantar anda menuju Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa.

Tarif penyeberangan kapal fery dari Pelabuhan Kayangan Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano Sumbawa adalah sebagai berikut:

  • Pejalan kaki: Rp 20.000 per orang
  • Sepeda motor: Rp 55.000 per kendaraan
  • Mobil: Rp 460.000 per kendaraan

Setibanya di Pelabuhan Poto Tano, anda harus menyeberang dari sebuah dermaga yang berada sekitar 200 meter di sebelah utara Pelabuhan Poto Tano menggunakan kapal kayu milikĀ  warga sekitar.

Lokasi dermaga ini bisa anda tanyakan pada orang-orang yang berada di sekitar Pelabuhan Poto Tano, mereka akan membantu anda menunjukkan tempatnya.

Perjalanan dengan kapal kayu menuju Pulau Kenawa hanya memakan waktu selama 20 menit. Tidak lama kan?

Lalu, berapa tarif untuk sewa perahu kayu menuju pulau indah ini?

Jika anda hanya menuju Pulau Kenawa saja, tarifnya adalah Rp 250.000 per perahu untuk perjalanan pulang pergi. Tarif ini berlaku sama jika anda berencana camping di Pulau Kenawa. Hari ini diantar, esok harinya dijemput.

Tarif sewa perahu akan menjadi Rp 500.000 jika anda mengunjungi beberapa pulau diantaranya Pulau Kenawa, Pulau Paserang dan Pulau Kambing.

Oh ya, harga sewa diatas bisa dibagi bersama rekan perjalanan anda. Satu perahu kayu bisa memuat penumpang hingga 10 orang.

Setibanya di Pulau Kenawa, anda akan disambut dengan pemandangan yang sangat indah, yaitu: padang rumput yang luas, suasana tenang, serta pasir putih yang membentang di sepanjang garis pantai.

Apabila anda datang saat musim penghujan, padang rumput tersebut terlihat berwarna kehijauan, sedangkan saat musim kemarau, warnanya akan berubah kuning gersang. Sebagai pengingat, agar saat berkunjung ke Pulau Kenawa anda diharapkan membawa persediaan air yang cukup, sebab sumber air bersih tidak ada di pulau ini.

Lalu, hal-hal apa saja yang membuat pulau di kawasan Sumbawa ini menjadi istimewa? Ini dia beberapa diantaranya:

Lokasi Berkemah yang Asyik

Jika anda biasanya berkemah saat mendaki gunung, maka akan menjadi hal yang berbeda ketika anda camping di pulau ini. Suasanya yang tenang, karena memang tidak berpenghuni, serta suara ombak di sekitar tenda anda menjadi kenikmatan tersendiri. Rasa persaudaraan kita dengan sahabat maupun keluarga akan kian terasa.

Snorkeling dengan Keindahan Bawah Laut yang Masih Terjaga

Pulau Kenawa

Bagi anda pencinta aktivitas snorkeling, pulau ini adalah tempat yang tepat. Sebab keindahan lautnya masih terjaga. Anda akan puas melihat warna-warni terumbu karang dan ikan.

Menikmati Sunrise dan Sunset dari Pulau Kenawa

Kenawa NTB

Di Pulau Kenawa, terdapat sebuah bukit. Anda bisa mendaki bukit satu-satunya yang ada di pulau ini dengan soft trekking sekitar 15 menit. Di bukit inilah anda bisa menikmati indahnya matahari terbit dan matahari tenggelam.

Tapi tetaplah berhati-hati saat mendaki bukit tersebut, sebab selain memiliki kemiringan yang cukup berat yaitu 60 derajat, kondisi tanahnya pun cukup licin. Jaga kewaspadaan, kalau tidak mampu tidak usah dipaksakan.

Di samping beberapa keistimewaan Pulau Kenawa di atas, masih ada beberapa hal lagi yang belum dijabarkan. Seperti keindahan Hutan Mangrovenya dan masih banyak lagi. Tentu saja, sebaiknya anda segera berkemas dan mengunjunginya secara langsung.

Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel
Summary
Pulau Kenawa, Pulau Istimewa di Sumbawa Barat, NTB
Article Name
Pulau Kenawa, Pulau Istimewa di Sumbawa Barat, NTB
Description
Pulau Kenawa. Bagaimana cara kesana dan apa saja yang bisa kamu lakukan disana? Semuanya ada disini, klik dan kemas ranselmu!
Author
Publisher Name
The Langkah Travel

Tinggalkan komentar