Tips Lengkap Soft Trekking Savana Propok Dan Bukit Kondo Sembalun

Savana Propok dan Bukit Kondo Sembalun merupakan destinasi wisata terbaru di Pulau Lombok yang sedang hits karena pemandangan yang ditawarkan begitu menakjubkan.

Meskipun secara geografis kawasan ini masuk dalam wilayah Desa Sembalun, tapi cara paling efektif untuk memulai perjalanan adalah melalui Desa Bebidas, Kecamatan Wanasaba, Lombok Timur.

Jika anda dari Kota Mataram, Desa Bebidas dapat anda tempuh selama kurang lebih 2,5 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Setibanya disana, carilah Kawasan Pemandian Air Panas Dusun Sebau. Lokasi ini merupakan gerbang masuk menuju Bukit Kondo dan Savana Propok.

Kawasan Pemandian Air Panas Dusun Sebau ini adalah tempat anda memarkir kendaraan anda dan membayar tiket masuk menuju Savana Propok dan Bukit Kondo.

Pengelolanya adalah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rinjani Perkasa.

Bagi yang menggunakan sepeda motor, dikenakan tarif masuk Rp 35.000 per sepeda motor. Mau anda sendiri atau berdua di motor tersebut, tetap tarifnya segitu.

Bagi rombongan yang menggunakan mobil, maka tarif masuknya Rp 10.000 per orang.

Perjalanan Ke Savana Propok Dan Bukit Kondo

Bukit Kondo

Disinilah petualangan anda dimulai. Berjalan kaki selama 2-3 jam di medan yang bervariasi. Trek berupa tanah basah diawal-awal pendakian dan banyaknya tanjakan, tentu menuntut kondisi fisik yang prima.

Rute pertama adalah menuju Bukit Sekomak. Ditempuh selama 2 jam perjalanan. Setibanya di Bukit Sekomak, anda akan menemukan dua jalur.

Jika ingin menuju Bukit Kondo, anda bisa mengambil jalur kiri dan melanjutkan perjalanan ke Bukit Kondo yang tepat berada di Selatan Bukit Sekomak.

Savana Propok

Dari Puncak Bukit Kondo yang memiliki ketinggian 1934 mdpl ini, anda akan melihat hamparan padang savana yang luas dengan latar belakang Gunung Rinjani yang berdiri dengan gagahnya. Ya, itulah Savana Propok.

Jika anda ingin langsung turun ke Savana Propok, dari Bukit Sekomak tadi ambil lah jalur menurun menuju Savana. Hanya sekitar 10 menit saja anda sudah berda di savana yang menawarkan keindahan yang sungguh menakjubkan.

Tips Tambahan Ke Savana Propok Dan Bukit Kondo

Savana Propok
  1. Jika berniat kesini, ambillah waktu 2 hari 1 malam dan camping di Bukit Kondo atau Padang Savana Propok.

  2. Lokasi camping terbaik ada di Bukit Kondo, pagi hari anda akan menyaksikan matahari terbit yang perlahan mulai menyinari Kawasan Savana Propok. Selain itu, kabut tipis yang menyelimuti savana akan terlihat lebih jelas dari Bukit Kondo.

  3. Setelah menikmati sunrise barulah turun ke Savana Propok.

  4. Di kawasan ini cuacanya sangat dingin, bawalah jaket tebal dan gunakan tenda dua layer agar anda tidak kedinginan.

  5. Jika tidak ada satupun dari anggota rombongan yang pernah kesini, sebaiknya menyewa jasa guide saat registrasi bersama Pokdarwis Rinjani Perkasa.

  6. Bawalah logistik dan air mineral secukupnya, tidak ada mata air di kawasan ini.

  7. Jaga lingkungan dan jangan buang sampah sembarangan.

Tinggalkan komentar