Pantai Ai Lemak Sumbawa, Tawarkan Sunset Yang Mempesona

Ketika kamu sedang berniat berlibur ke Sumbawa, pastikan kamu menulis “Pantai Lemak” dalam itinerary kamu. Pantai indah ini terlalu sayang untuk kamu lewatkan.

Pantai Ai Lemak, terletak di kawasan Tanjung Menangis. Jarak tempuhnya kini semakin mudah sejak dibangunnya Jembatan SAMOTA (Teluk Saleh, Pulau Moyo, Gunung Tambora). Kamu bisa berkendara menggunakan motor ataupun mobil. Memakan waktu kurang lebih 30 menit dari kota Sumbawa Besar.

Dari arah Jembatan SAMOTA, kamu perlu menempuh jalan raya sekitar 15-20 menit hingga menemukan plang kecil yang menandakan arah menuju Pantai Ai Lemak, di sebelah kiri jalan. Plang ini berada di antara tanaman jagung, jadi kamu perlu ekstra perhatian untuk menemukannya. Dari plang tersebut, kamu cukup belok kanan dan mengikuti jalan tanah sampai menemukan Pantai Ai Lemak.  Meskipun sebagian jalannya masih offroad, tetapi akses  menuju pantai indah ini terbilang cukup mudah dan cepat.

Jika kamu sudah menginjakkan kaki di sana, sebagai pilihan, berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan:

  1. Pecinta underwater bisa snorkling dan freedive di pantai ini. Terumbu karangnya berjarak sekitar 50 meter dari bibir pantai dan ada wall untuk latihan freedive.

  2. Pantai Ai Lemak letaknya agak menjorok ke daratan, sehingga tidak termasuk dalam pantai berarus tinggi. Tentunya kamu tidak akan menemukan segerombolan surfer di pantai ini. Namun, suasana yang tenang menjadikan daya tarik orang-orang untuk sekadar memancing ikan ataupun menghabiskan waktunya untuk berkemah dan menikmati suasana di pantai ini. Sayangnya, di sini kamu mungkinn masih melihat sampah di sekitar area pantai. Meskipun sudah sering dilakukan perbersihan, tapi posisinya yang menjorok memungkinkan sampah laut kiriman terdampar di sini, terutama saat musim penhujan. Pastikan kamu tidak ikut-ikutan menyumbang sampah jika berada di sini yah.

  3. Kamu pecinta sunset? Ah, who doesn’t, right! Jika cuaca mendukung, kamu akan disuguhkan indahnya proses matahari terbenam tepat di depan mata. Memandang sunset di pantai, tidak pernah menjadi pilihan yang salah.

  4. Tentunya pantai ini sangat menarik untuk dijadikan spot berfoto. Di sisi kanan Pantai Ai Lemak, terdapat 2 pohon bakau yang semakin menambah cantiknya panorama alam di tempat ini. Jika angle-nya pas, fotomu bisa terlihat seperti sedang berada di Pantai Lawakiri, NTT lho.

Sunset Pantai Ai Lemak

Bagaimanaaa? Apakah point-point di atas cukup membuatmu tempting mengunjungi tempat ini? Jika sudah yakin, segera bergegas. Pack your bag and let’s goooo!

Tinggalkan komentar