Air Terjun Agal, Sumbawa, Kece Parah!

Air Terjun Agal, Sumbawa, Kece Parah!

Air Terjun Agal terletak di Dusun Beru, Desa Marente, Alas, Kabupaten Sumbawa. Jika anda memulai perjalanan dari Kota Sumbawa Besar, untuk menuju Dusun Beru Desa Marente membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Dari Dusun Beru, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama sekitar dua jam menyusuri jalan setapak. Di awal perjalanan anda harus menyebrangi sungai yang seger banget airnya.

Di kawasan sungai ini juga anda bisa menikmati river tubing yang dikelola oleh masyarakat lokal Desa Marente.

Setelah menyeberangi sungai tersebut, jalan setapak akan menyambut anda untuk anda susuri selama dua jam kedepan.

Suasana di sepanjang perjalanan itu hutan banget. Kiri kanan menusuri jalan setapak Gunung Agal  hijau menyejukkan mata. Meskipun membutuhkan perjalanan selama dua jam, itu akan sepadan dengan pemandangan yang akan anda dapatkan.

Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel
Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel
Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel

Setibanya di kawasan air terjun, mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan.

Anda seperti tidak berekspektasi tinggi setelah 2 jam berjalan kaki, ternyata anda akan melihat pemandangan yang seperti serpihan surga, permata indah, benar-benar indah apalagi di tempat yang tersembunyi dan membutuhkan perjuangan untuk mencapainya.

Tidak ada kata selain rasa syukur atas keindahan alam yang telah Tuhan berikan pada alam Indonesia kita.

Air terjun yang mengalir deras memecah tebing menjadi dua dari ketinggiannya, kemudian jatuh diantara bebatuan-bebatuan besar, mengalir lagi membuat air terjun lagi di bawahnya hingga mencapai 10 tingkatan. Dari 10 tingkatan tersebut, ketinggian Air Terjun Agal begitu bervariasi antara 30 meter hingga 300 meter. What the best view!

Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel
Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel

Air Terjun Agal hanya satu dari sekian air terjun yang berada di Gunung Agal. Ada juga yang namanya Air Terjun Seketok dan Air Terjun Sebra. Rasa-rasanya satu hari tidak cukup untuk mengeksplore keindahan alam di kawasan tersebut.

Pulau Sumbawa memang menyimpan berbagai pesona alam yang tersembunyi dan belum banyak dijamah oleh wisatawan. Potensi alamnya tidak akan kalah dibanding daerah lain yang lebih maju pariwisatanya.

Bagi anda yang ingin berpretualang dan mengunjungi destinasi wisata yang tidak terlalu rame, Air Terjun Agal dan destinasi lainnya di Pulau Sumbawa adalah tempat yang tepat untuk menyegarkan pikiran.

Anda bisa menghubungi pemuda setempat yang digawangi oleh Mas Robby, salah seorang pemuda pelopor dari Desa Marente. Anda bisa menghubunginya via WA ke nomor 081353431470.

Selain meminta bantuan Mas Robby untuk menyediakan guide lokal menuju Desa Marente, anda juga bisa memesan makanan khas Sumbawa yang akan disajikan secara ciamik lengkap dengan suasana khas pedesaan.

Turun gunung dan langsung mencicipi kuliner khas Sumbawa tentu akan menjadi pengalaman seru yang tak terlupakan. Dan satu lagi, anda bisa mencoba river tubing di Sungai Marente. Silahkan langsung kontak Mas Robby untuk harga yang bersahabat.

Yuk liburan ke Pulau Sumbawa!

2 pemikiran pada “Air Terjun Agal, Sumbawa, Kece Parah!”

  1. Petunjuk jalannya belum ada jadi sangat bahaya jika pemula kesna bisa jadi akan tersesat

    Balas
    • Sebaiknya gunakan guide lokal atau hubungi Pokdarwis setempat

      Balas

Tinggalkan komentar