7 Pantai Eksotis Di Lombok Bagian Selatan

Pernahkan kalian berwisata ke Lombok?

Bagaimana tanggapan kalian dengan berbagai tawaran destinasinya?

Tidak hanya dimanjakan dengan pesona air terjun, pegunungan dan Gunung Rinjani nya, di Lombok kalian juga akan “dijamu” dengan berbagai pilihan destinasi yang akan membuat liburan kamu bersama teman, keluarga, kerabat, maupun pasangan menjadi lebih seru.

Nah, di postingan kali ini, The Langkah Travel ingin memberikan informasi pantai-pantai di Lombok Selatan yang tak kalah menarik dan tentunya bisa “memanjakan” perjalanan wisata teman-teman.

1. PANTAI SEGER

Pantai Seger

Ingat Pantai Seger, ingat juga cerita legenda di balik monumen Putri Mandalika. Berikut sekilas sejarah di balik monumen tersebut.

Konon ceritanya, Putri Mandalika adalah seorang putri yang di lahirkan dari keluarga kerajaan. Dia memiliki kecantikan dan amat elok parasnya. Kecantikan Putri Mandalika mampu memikat semua pemuda di seluruh belahan bumi Lombok mabuk cinta, pemuda-pemuda berlomba untuk mendapatkan cinta sang putri tersohor itu dengan melamarnya. Sehingga, sang putri tidak mampu berbuat banyak saat pemuda-pemuda yang berdatangan ratusan orang dari seluruh kerajaan di Pulau Lombok ingin meminangnya.

Sang putri kebingungan menjatuhkan pilihan dan tidak ingin membuat perselisihan di antara pemuda Lombok jika Ia memilih salah satu di antaranya. Singkat cerita, sang putri memilih menjatuhkan dirinya ke laut, dan dalam hitungan sekejap hanyut di telan ombak. Semua pemuda yang meminangnya bergegas menyelamatkan sang putri. Pada saat mereka sampai di laut, tidak ada tanda-tanda sang putri di tempat itu lagi. Dan tiba-tiba, munculah binatang kecil yang jumlahnya sangat banyak, binatang itu berbentuk cacing panjang, dan masyarakat Lombok menganggap bahwa binatang tersebut adalah jelmaan sang puteri. Dari sanalah awal mulanya ada ‘tradisi bau nyale’ yang di rayakan setahun sekali oleh masyarakat Lombok, dan biasanya dirayakan di bulan Februari-Maret.

Monumen Putri Mandalika
Monumen Putri Mandalika

Lanjut ke akses menuju Pantai Seger, jarak tempuh Pantai Seger terbilang tidak terlalu jauh. Dari Bandara Internasional Lombok (BIL) akan menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit. Kamu bisa menyewa transportasi untuk menuju pantai ini, dikarenakan tidak ada jasa transportasi umum yang melewati kawasan Pantai Seger.

Jika kamu menyukai suasana pantai yang sepi dan nyaman, Pantai Seger sangat direkomendasikan. Tempatnya yang masih belum “tersentuh” keramaian akan memberikan “kedamaian” tersendiri buat liburan kamu.

Kesejukan pantainya, Suasana yang memanjakan mata, jangan sampai kamu “bermalas-malasan” aja dan malah nggak mau pulang kalau udah sampai disini.

2. BUKIT MERESE

Bukit Merese

Kalian Pernah nonton video klip salah satu penyanyi cantik Isyana Sarasvati?

Yupss, pada salah satu singlenya yang berjudul ‘Mimpi’, Isyana memilih Bukit Merese sebagai lokasi syutingnya. Tidak hanya Isyana, penyanyi Momo bersama personil bandnya, Geisha,  juga telah melakukan syuting video klipnya yg berjudul ‘sementara sendiri’ di Bukit Merese.

Pesona Pantai Tanjung Aan yang bisa kamu nikmati dari atas Bukit Merese patut diacungi jempol. Pantainya yang masih jernih dan alami, bisa menjadi salah satu referensi kamu yang sedang ingin berlibur dengan kepuasan maksimal.

Dari atas Bukit Merese, kamu bisa melihat pemandangan laut yang begitu luas. Hamparan suara ombaknya, biru laut dan langitnya, suasana yang hangat nan sejuk. Bayangin sendiri dah, gimana jika kamu merasakan perpaduan suasana yang begitu sempurna.

Tidak hanya itu, bagi penikmat sunset maupun sunrise, Bukit Merese mampu memberikan keindahan bagi para pengunjungnya.

Asal jangan kesana di waktu mendung aja, 😀

Setelah sampai di atas Bukit Merese, disarankan kamu jangan sampai langsung turun. Karena ternyata dibalik dari Bukit Merese kamu akan disuguhkan suasana pantai berasa kolam. Nama pantainya adalah Tanjung Bongo.

Tanjung Bongo
Foto Oleh WAHYU RIO (IG: @rriiioo)

Kenapa  dikatakan ‘pantainya berasa kolam?’

Karena pantainya yang kecil dan airnya yang jernih bak air kolam, jadi kalo berenang di sana berasa lagi berenang di pantai bertemakan kolam 😀

Nah, untuk bisa sampai ke Tanjung Bongo, kamu harus melakukan ‘soft treking’. Bukitnya tidak terlalu terjal dan treknya relatif mudah. Setelah mencapai puncak Bukit Merese sebelah kanan, maka kamu tinggal menuruni tebing dan sampailah di Tanjung Bongo.

Baca juga: Bukit Merese Lombok Dan Tips Untuk Liburan Yang Maksimal

3. PANTAI MAWUN

Pantai Di Lombok

Sekarang, beralih ke Pantai Mawun. Jarak waktu tempuh menuju Pantai Mawun hanya berkisar 15 menit dari Pantai Kuta Lombok. Jadi buat kamu yang sudah berada di kawasan Kuta Lombok, tidak ada salahnya juga mengunjungi Pantai Mawun.

Salah satu hal yang membuat Pantai Mawun banyak disukai adalah suasana pantainya yang “damai”. Pantainya yang diapit oleh bukit dan ombaknya terbilang tenang.

Mumet dengan rutinitas keseharian kamu?

Tempat ini cocok untuk “relaksasi pikiran” dari hiruk pikuk ibu kota dan rutinitas tugas maupun pekerjaan. 😀

Tidak hanya itu, bagi kamu pecinta fotografi, kamu bisa menanjaki Bukit Mawun dan dapatkan view foto landscape yang sangat indah.

Baca juga: Ketenangan Hakiki di Pantai Mawun Lombok

4. PANTAI MAWI

Pantai Mawi

Pantai Mawi dikenal sebagai pantainya para peselancar. Ombaknya sangat mendukung untuk berselancar. Pantai Mawi terbilang pantai yang dalam dan cukup “dangerous” jika kamu adalah seorang penikmat pantai yang belum terlalu ahli berenang. Jadi untuk amannya, kalau kamu ingin merasakan kesegaran air Pantai Mawi, cukup main air di tepian pantainya ajaa. Dan hal tersebut tentunya tidak akan mengurangi rasa kagummu terhadap pantai yang satu ini.

Selain itu, liburan ke pantai Mawi terbilang murah. kamu hanya perlu mengeluarkan biaya parkir 5 ribu untuk motor dan 10 ribu untuk mobil.

Murah dan menyenangkan bukan?

5. PANTAI SEMETI

Pantai Semeti

Tidak jauh dari pantai mawi, kamu juga bisa melakukan perjalanan ke pantai semeti. Sebenarnya, jarak antara pantai mawi dan semeti terbilang dekat, tapi karena kondisi jalannya yang masih kurang bagus diperkirakan kamu akan menghabiskan waktu kurang lebih 10 menit dari Pantai Mawi.

Yang khas dari Pantai Semeti adalah model bebatuannya. Di sini kamu bisa melihat model bebatuan yang unik. Yang gemar mengabadikan foto, jika ingin menanjaki bebatuan di pantai semeti disarankan harus ekstra berhati-hati. Karena tanjakan bebatuannya lumayan licin dan di Pantai Semeti ombaknya cenderung besar. So, be carefull.

6. PANTAI SELONG BELANAK

Pantai Di Lombok, Selong Belanak
Pantai Selong Belanak. Foto oleh Andi Eka Karya

Hamparan pasir halus nan putih, view pantai yang luas, menjadikan Pantai Selong Belanak salah satu primadona pantai di Lombok Selatan.

Pemandangan pertama yang bisa kamu rasakan mulai dari menginjakkan kaki di atas pasir yang halusnya bak tepung terigu, kamu juga di manjakan dengan pemandangan pegunungan hijau yang mengeliling pantai selong belanak. Sekilas jika di perhatikan panorama pantai selong belanak mirip seperti bulan sabit.

Sisi kiri dan sisi kanan dari pantai di hiasi hijaunya pegunungan, jernih airnya, serta cerah pantainya membuat kamu tidak akan kecewa dengan destinasi pantai primadona yang satu ini.

Akses ke tempat ini tidak begitu jauh dari Kota Mataram kurang lebih jaraknya sekitar 50 km.

Dan kabar yang tak kalah menggembirakan lagi, di Pantai Selong Belanak, kamu tidak perlu khawatir jika perutmu akan keroncongan. Karena di tempat ini, kamu dengan mudahnya akan menjumpai tempat makan. Baik warung makan tradisional sampai restoran modern.

Baca juga: Tips Liburan Manja Ke Pantai Selong Belanak

7. PANTAI DI LOMBOK, KUTA MANDALIKA

Pantai Di Lombok

Yang terakhir adalah Pantai Kuta Lombok. Hanya berjarak sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Lombok. Dibandingkan pantai-pantai lainnya di Lombok Bagian Selatan, pantai inilah yang paling rame karena pusat perhotelan, rumah makan hingga cafe ada di kawasan ini.

Nah itu beberapa tempat wisata di Lombok Bagian Selatan. Kamu bisa lho mengunjungi semuanya dalam satu hari. Jarak dari pantai terujung dengan ujung lainnya cuma sekitar 45 menit. Yaitu Pantai Selong Belanak dan Pantai Tanjung Aan. Nah, diantara kedua pantai itu berjejer deh pantai-pantai yang lainnya. Keren kan, sekali jalan2 kamu sudah bisa menang banyak!

Have a nice holiday..

Summary
7 Pantai Di Lombok Bagian Selatan Yang Bisa Dikunjungi Dalam Sehari!
Article Name
7 Pantai Di Lombok Bagian Selatan Yang Bisa Dikunjungi Dalam Sehari!
Description
Pantai di Lombok bagian selatan ada banyak dan masing-masing berdekatan jaraknya. Udah gitu, viewnya juga menakjubkan dengan ciri khasnya masing-masing!
Author
Publisher Name
The Langkah Travel

Tinggalkan komentar