Pantai Selong Belanak

Tips Liburan Manja Ke Pantai Selong Belanak Lombok

Pantai Selong Belanak adalah salah satu pantai favorit para pengendara laut. Pantai
yang memiliki garis panjang sekitar satu kilometer dengan pasir putih ini
memiliki karakteristik tersendiri.

Bentuk bibir pantai yang melengkung dikelilingi bukit-bukit yang cantik melengkapi keeksotisan pantai ini. Pantai Selong Belanak berhadapan langsung dengan laut selatan atau Samudera Hindia.

Laut biru dan besar ombak di pantai ini menjadi daya tarik terbesar. Para surfer membanjiri lokasi pantai untuk melawan ombak di tengah laut. Apalagi wisatawan asing, mayoritas dari pengunjungnya adalah para turis mancanegara. Karena kebanyakan dari mereka berlibur dan mencari pantai yang memiliki ombak besar untuk berselancar.

Pantai Selong Belanak berada di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Padang pasir putih semakin membuat cantik Terik matahari memang sangat menyengat karena tidak ada pepohonan tinggi dan rindang di tepi pantai ini.

Tapi jangan khawatir, banyak warung-warung di pinggir pantai yang menyediakan payung-payung dan kursi yang disewakan.

Cara Ke Pantai Selong Belanak

Kalau kamu berangkat dari Kota Mataram, akan menempuh sekitar 1,5 jam untuk sampai ke Pantai Selong Belanak melalui jalur Desa Batu Jai.

Tentu saja kamu akan disuguhi pemandangan hijau dari bukit-bukit di sisi kanan dan kiri serta jalan berkelok dan naik turun, tapi jagan salah, jalanan jalur ini sudah aspal.

Bukit-bukit cantik seakan berjejer menemani perjalananmu menuju Pantai Selong Belanak. Kalau beruntung, kamu akan berpapasan dengan para pengembala kerbau yang sedang mengarak kerbaunya untuk mencari makan di padang rumput perbukitan.

Jika kamu dari Bandara Internasional Lombok menuju Pantai Selong Belanak, akan menempuh sekitar 30 menit melalui jalur Pantai Kuta. Kalau kamu melewati jalur ini, kamu bisa mampir di Desa Sade, yaitu Desa Adat Suku Sasak, serta mampir beberapa pantai juga.

Untuk masuk ke area pantai, kamu hanya cukup merogoh kocek Rp 5.000 untuk motor, dan Rp 10.000 untuk pengunjung yang menggunakan mobil.

Apa Saja Yang Bisa Kamu Lakukan Di Pantai Yang Eksotis Ini?

Tentu saja kamu bisa menikmati pemandangan indah yang memanjakan mata, mengambil gambar dengan berlatar cantik. Jika menunggu sore hari, cuaca tidak terlalu terik dan kamu bisa bertemu dengan kerbau-kerbau yang sudah beranjak pulang bersama pengembalanya menyisiri pantai.

Kamu bisa belajar berselancar, karena tersedia beberapa sekolah untuk peselancar pemula dan sudah disediakan papan selancar yang disewakan di sana.

Kamu juga bisa menyewa kursi untuk berjemur atau menggunakan payung, duduk leyeh-leyeh menikmati debur ombak dengan memandangi lautan biru sembari menyaksikan orang-orang yang sedang menantang ombak.

Kalau beruntung, kadang ada event surfing yang diadakan di sini, yang diikuti oleh peselancar local maupun mancanegara.

Tips Berpergian Ke Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak
  1. Jangan lupa membawa sunblock atau tabir surya, terik matahari di Pantai Selong Belanak apalagi di siang hari benar-benar menyengat.

  2. Topi dan kacamata juga menjadi hal penting yang bisa kamu bawa.

  3. Selalu perhatikan barang bawaan kamu kalau sedang melakukan aktivitas di laut atau jauh dari tempat peristirahatanmu

  4. Untuk bisa memakai kursi payung di tepi pantai, kamu harus memesan makan dan minum dari warung-warung di tepi pantai tersebut.

  5. Baiknya jika kamu ke Pantai Selong Belanak, apalagi melalui jalur Batu Jai, lebih baik perjalanan pagi dan paling lambat sore sudah pulang, karena jalur ini sepi untuk berjaga-jaga demi keamananmu.

Selamat berwisata di Pulau Lombok!

Tinggalkan komentar