Tips Lengkap Liburan Ke Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan Lombok adalah kiblat untuk para backpacker dan pencinta suasana pesta di pinggir pantai. Tapi itu dulu. Sekarang, siapapun bisa datang dan menikmati keindahan alam pantai dan laut di pulau Gili Trawangan ini.

Lokasi

Gili Trawangan terletak di Lombok Bagian Utara. Butuh waktu 20 menit untuk menyeberang dari Pulau Lombok menggunakan publik boat.

Pulau ini adalah salah satu dari tiga pulau kecil yang berada di sana. Dua diantaranya adalah Gili Meno dan Gili Air.

Bagaimana Cara Kesana?

  1. Jika kamu dari Pulau Dewata Bali, kamu bisa menggunakan speed boat yang sudah punya jadwal reguler dari Pulau Bali menuju Gili Trawangan. Harganya berkisar mulai dari Rp 400.000 untuk satu kali jalan. Untuk informasi lengkap mengenai kapal cepat ini, silahkan search di google dengan keyword “Fast Boat dari Bali ke Gili Trawangan”.

  2. Jika kamu dari Bandara atau dari Senggigi di Lombok, kamu bisa menyewa kendaraan menuju Pelabuhan Bangsal, sebuah dermaga publik yang diperuntukkan untuk menyeberang dari Lombok ke Trawangan.

  3. Tarif sewa kendaraan jika dari bandara berkisar Rp 350.000 untuk sekelas mobil avanza, dan Rp 250.000 jika dari Kota Mataram/Senggigi.

  4. Transportasi publik masih terbilang susah untuk didapatkan jadi sebaiknya sewalah kendaraan entah itu mobil atau motor. Tempat penyewaan ini bisa kamu temukan di daerah Senggigi. Jika di bandara, banyak yang akan menawarkan jasa transport begitu kamu keluar dari pintu kedatangan.

  5. Setelah tiba di Pelabuhan Bangsal, naik public boat dengan tarif Rp 15.000/Orang. Biasanya menunggu dulu hingga kuota boat penuh, baru boatnya jalan. Tenang aja, quotanya cepat penuh kok, jadi kamu gak perlu menunggu lama.

  6. Jadwal penyeberangan public boat dari Lombok ke Gili Trawangan mulai dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore.

  7. Alternatif lain ke Gili Trawangan ialah menggunakan Fast Boat. Beroperasi di Teluk Kodek (tidak jauh dari Pelabuhan Bangsal) dengan tarif Rp 350.000 per sekali jalan dan bisa memuat hingga 8 orang. Jadi kalo kamu rame-rame, bisa dibagi tuh biayanya.

  8. Kalo pake Fast Boat, jadwalnya bebas karena kamu carter 😉

Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan Lombok

Sebagai pulau kecil, Gili Trawangan punya paket tour lengkap untuk memanjakan para wisatawan.

Mulai dari pantai, keindahan alam bawah laut, berbagai aktivitas seperti diving, snorkeling, bersepeda mengelilingi pulau, pilihan akomodasi dari yang kelas melati hingga hotel bintang lima, wisata kuliner dengan berbagai sajian menu, dan tentu saja, tempat party dengan dunia malamnya yang sempurna.

Secara umum Gili Trawangan terbagi menjadi dua bagian. Di bagian timur (dari dermaga boat penyeberangan) adalah bagian yang paling crowded. Banyak restoran, bar, penginapan, kursus diving. Bisa dibilang di daerah inilah pusat suasana malam Gili Trawangan. Party ‘till the morning!

Di bagian barat terbilang lebih sepi. Disinilah letak hotel-hotel bintang lima, resort-resort mewah. Tidak begitu banyak ditemukan aktivitas, tapi tempat yang sempurna untuk liburan honeymoon atau liburan keluarga.

Pulau ini terbilang kecil. Kamu bisa berjalan kaki mengelilingi pulau selama dua jam, atau menyewa sepeda untuk mengelilinginya. Tidak ada kendaraan bermotor di Gili Trawangan, hanya ada sepeda dan cidomo (semacam delman).

Jadi kamu bisa datang ke Gili Trawangan Lombok untuk berpesta, menyelam, bermalas-malasan di pinggir pantai, snorkeling, mengelilingi pulau, bersepeda, berfotoan, apapun! Sisi terbaiknya adalah kamu bisa melakukan banyak hal di Gili Trawangan dengan banyaknya akomodasi dan berbagai pilihan aktifitas di dalamnya.

Sehari di Gili Trawangan

Pagi: Sewa sepeda, mulailah mengayuh mengelilingi pulau. Kamu bisa berhenti di restoran atau pantai mana saja yang kamu suka untuk sekedar memesan minuman dan berfoto.

Tarif sewa sepeda berkisar Rp 20.000/jam.

Siang: Cobalah untuk bermain kano atau bersnorkeling.

Untuk snorkeling kamu bisa ikut trip gabungan setiap jam 10 pagi, kumpul di depan Sama-Sama Reggae Bar. Tarifnya Rp 150.000/Orang.

Atau jika ingin private snorkeling trip di Gili Trawangan dengan groupmu saja, bisa carter glass bottom boat dengan tarif mulai Rp 1.200.000 dan bisa memuat hingga 10 orang. Harga segitu kamu udah bisa keliling tiga gili dan snorkeling di sekitaran perairan tiga gili tersebut.

Sore: Bersepedalah ke arah barat, mengejar sunset di Karma Kayak atau di ayunan instagramable di depan Hotel Ombak Sunset. Malamnya kembalilah ke pusat keramaian di dekat dermaga, berburu kuliner di pasar seni yang hanya buka malam hari bisa menjadi petualangan seru lainnya.

Tips Tambahan Liburan Ke Gili Trawangan

Pertama, bagi yang hanya ingin liburan sehari gak pake nginap, berusahalah on time dengan jadwal penyeberangan.

Jam 9 pagi harus sudah di Pelabuhan Bangsal agar kamu punya banyak waktu di Gili T. Dan kembalilah sebelum jam 5 sore, karena jika lewat waktunya sudah tidak ada lagi penyeberangan publik kembali ke Lombok.

Well, kecuali jika kamu ingin menyewa fast boat.

Kedua, belilah kebutuhan secukupnya seperti air mineral dan snack sebelum menyeberang ke Gili T karena  harga disana bisa lebih mahal.

Ketiga, Jangan buang sampah sembarangan ya guys!

Tinggalkan komentar