Foto Udara 10 Tempat Wisata Di Sumbawa Barat

Sumbawa Barat merupakan salah satu kabupaten di Provinsi NTB yang terletak tepat di sebelah timur Pulau Lombok. Ada banyak tempat wisata menarik di Sumbawa Barat yang bisa kamu kunjungi.

Akses menuju Sumbawa Barat ada dua, pertama dari Kota Sumbawa Besar anda bisa menggunakan kendaraan bermotor selama 2 jam untuk menuju Sumbawa Barat. Kedua, melalui Pulau Lombok dengan menyeberang menggunakan kapal fery  di Pelabuhan Kayangan Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano Sumbawa Barat selama 2 jam.

Berikut 10 tempat wisata di Sumbawa Barat yang kami rangkum lengkap dengan foto menggunakan kamera drone:

1. Pulau Kenawa

Salah satu tempat wisata di Sumbawa Barat yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pulau yang terkenal dengan padang savana dan bukit yang fotogenic ini menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih dan pemandangan alam bawah laut yang sangat indah. Rekomended bagi anda yang hobi snorkeling.

Untuk menuju Pulau Kenawa sangat mudah. Dari Pelabuhan Poto Tano menuju dermaga penyeberangan hanya berjarak 5 menit. Anda bisa mencarter boat yang banyak tersedia di dermaga dengan kisaran harga Rp 300.000.

Baca Juga: Tips Berkunjung ke Pulau Kenawa, Sumbawa

2. Pulau Paserang

Tempat Wisata di Sumbawa Barat

Biasanya para wisatawan mengkombinasikan liburan ke Pulau Kenawa dan Pulau Paserang dalam sekali jalan. Pulau Paserang lebih sepi dibandingkan Pulau Kenawa dan keindahan pantai dan alam bawah lautnya tidak kalah dengan Pulau Kenawa.

Jika ingin ke Pulau Paserang, mintalah boatman anda mengantarkan kesana saat berada di Pulau Kenawa. Mereka biasanya meminta tarif tambahan sebesar Rp 100.000

3. Desa Mantar

Desa Mantar menjadi salah satu tempat wisata di Sumbawa Barat yang mulai terkenal sejak menjadi lokasi shooting film Serdadu Kumbang.

Belakangan ini Desa Mantar semakin sering dikunjungi sejak ada atraksi paralayang dari Bukit Mantar. Keindahan alam dari ketinggian Bukit Mantar yang membentang akan membuat anda betah berlama-lama disini.

Untuk menuju Desa Mantar, dari Pelabuhan Poto Tano berkendara selama 20 menit menuju Desa Tapir. Kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan pick up ranger dengan tarif Rp 40.000 pulang pergi.

4. Danau Lebo

Berjarak 30 menit dari Pelabuhan Poto Tano dan berada tepat di pinggir jalan utama sebelum menuju Kota Taliwang, Danau Lebo merupakan danau purba dan danau terluas di Provinsi NTB.

Spot bagus untuk sekedar selfie apalagi saat matahari terbenam. Perpaduan warna langit dan air danau menjadikan tempat ini begitu istimewa meski digunakan hanya untuk sekedar beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

5. Masjid Agung Darussalam

Terletak di pusat pemerintahan Ibukota Kabupaten Sumbawa Barat, Kota Taliwang, masjid ini bisa menjadi tempat singgah traveler muslim untuk menunaikan ibadah wajib sebelum mengeksplore tempat wisata di Sumbawa Barat lainnya.

6. Pantai Jelenga

Pantai Jelengan terletak di Kecamatan Jereweh dan berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan dari Pelabuhan Poto Tano.

Pantai ini masih sepi dan banyak dikunjungi wisatawan mancanegara karena ombaknya bisa digunakan untuk aktivitas surfing.

7. Pantai Maluk

Tempat wisata di Sumbawa Barat yang satu ini terletak di Kecamatan Maluk, 2 jam perjalanan dari Pelabuhan Poto Tano.

Pantai dengan pasir putihnya ini berada di kawasan ramai Kecamatan Maluk sehingga di pinggiran pantai kamu bisa menikmati berbagai sajian kuliner lokal yang dijual para pedagang kaki lima.

Bagi anda yang punya cukup waktu, cobalah menaiki Bukit Mantun di Pantai Maluk, anda dapat melihat garis Pantai Maluk dari ketinggian.

8. Pantai Lawar

Pantai yang sepi, hening dengan garis pantai yang tidak terlalu panjang. Salah satu spot terbaik di Sumbawa Barat.

Terletak di Kecamatan Sekongkang dan dapat ditempuh selama 2,5 jam dari Pelabuhan Poto Tano.

View pantai ini sangat cantik apalagi saat matahari tenggelam karena sunset tepat berada di garis horizon antara langit dan pantai.

9. Pantai Rantung

Diantara sekian banyak pantai yang ada di kawasan Sumbawa Barat, Pantai Rantung yang juga terletak di Kecamatan Sekongkang ini adalah pantai yang paling banyak penginapan/hotel.

Banyaknya turis mancanegara dengan ombak supersacknya membuat pantai Rantung banyak dikunjungi wisatawan setiap tahunnya.

10. Pantai Tropical

Tempat wisata di Sumbawa Barat dengan garis pantai terpanjang. Juga terletak di Kecamatan Sekongkang dan hanya ada satu hotel setara bintang 4.

Sangat cocok untuk destinasi honeymoon bersama pasangan dan menghabiskan beberapa hari di pantai ini.

Itulah 10 tempat wisata di Sumbawa Barat yang bisa menjadi tujuan liburan anda berikutnya. Kami melist urutan destinasinya berdasarkan jarak mulai dari yang terdekat hingga yang terjauh.

Tinggalkan komentar