Pulau Moyo, Sumbawa & TIPS UNTUK LIBURAN YANG MAKSIMAL

Pulau Moyo terletak di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan semakin dikenal setelah sejumlah selebriti kelas dunia melakukan perjalanan wisatanya ke sana.

Sebut saja mendiang Putri Diana, Mick Jagger, Edwin van der Sar, serta baru-baru ini Rain dan Kim Tae Hee pernah berkunjung ke pulau ini.

Sebuah pulau yang terletak sejauh 2,5 km dari utara Pulau Sumbawa ini memiliki luas sebesar 350 km2, ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km.

Bagaimana Mencapai Pulau Moyo?

Pertama-tama, anda harus menuju ke Pulau Sumbawa terlebih dahulu tepatnya di Kota Sumbawa Besar.

Kota Sumbawa Besar bisa ditempuh dengan perjalanan udara dan darat.

Jika anda melewati jalur udara, pesanlah penerbangan menuju Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III di Kota Sumbawa Besar dengan kode penerbangan SWQ.

Jika anda melewati jalur darat dari Pulau Lombok, harus menyeberang menggunakan kapal fery dari Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano di Sumbawa Barat.

Dari Pelabuhan Poto Tano, anda harus melanjutkan perjalanan selama 2 jam dengan kendaraan bermotor untuk tiba di Kota Sumbawa Besar.

Dari Kota Sumbawa Besar Menuju Pulau Moyo

Setelah berada di Kota Sumbawa Besar, bagaimana caranya agar bisa tiba di Pulau Moyo? Ada 2 alternatif pilihan transportasi boat yang bisa anda gunakan. Berikut detailnya:

Menggunakan Public Boat

Alternatif pertama dan termurah adalah menggunakan public boat menuju Desa Labuan Aji, Pulau Moyo.

Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 50.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 75.000 untuk wisatawan mancanegara.

Public boat bisa anda temui di Muara Kali Pantai Jempol dengan jarak sekitar 10 menit berkendara dari Bandara Kota Sumbawa Besar.

Keuntungan menggunakan public boat hanya ada pada tarifnya. Berikut beberapa kekurangan jika menggunakan public boat:

  1. Jadwal yang tidak pasti. Meskipun berangkat setiap hari, namun public boat yang seharusnya berangkat jam 11 pagi seringkali molor hingga jam 2 siang. Akibatnya, anda akan tiba di Desa Labuan Aji Pulau Moyo menjelang sore hari. Sementara public boat dari Pulau Moyo ke Sumbawa hanya ada jam 7 pagi. Jika anda hanya satu malam saja di Pulau Moyo, maka tidak banyak yang bisa anda lakukan.
  2. Rute public boat adalah dari Muara Kali menuju Desa Labuan Aji Pulau Moyo, langsung tanpa mampir di spot-spot wisata tertentu yang menurut kami sayang untuk dilewatkan. Akibatnya, setibanya di Pulau Moyo, jika anda ingin berkunjung ke destinasi pantai anda perlu menyewa boat lagi disana.

Carter Private Boat

Cara kedua adalah menggunakan boat carteran dengan tarif Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000 untuk slow boat dan Rp 3.000.000 untuk fast boat. Tarif tersebut berlaku untuk penyewaan satu hari (berangkat pagi pulang sore).

Untuk jadwal penyeberangan fleksibel sesuai dengan keinginan anda, namun saran kami jika menggunakan slow boat mulailah menyeberang jam 7 pagi karena slow boat membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk tiba di Desa Labuan Aji, Pulau Moyo. Sementara menggunakan fast boat hanya membutuhkan 45 menit.

Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel
Desa Labuan Aji, Pulau Moyo

Mengapa harus jam 7 pagi? Pulau Moyo bukan hanya tentang air terjun nya yang sudah tersohor. Tapi juga pantai-pantainya yang sangat menakjubkan. Berpasir putih, sepi dan tenang dengan view underwater yang bisa dinikmati dengan snorkeling.

Jika anda mulai menyeberang lebih pagi, anda bisa mampir terlebih dahulu di pantai-pantai tersebut sebelum menuju Desa Labuan Aji dan mengunjungi air terjunnya.

Jadi, dengan mencarter boat, cukup seharian saja anda sudah bisa mengunjungi banyak spot wisata. Jika anda berencana menginap di Pulau Moyo, boat yang anda carter meminta biaya tambahan karena kapten dan kru kapal juga harus ikut menginap.

Terakhir, boat carteran ini tidak bisa anda booking mendadak. Terbatasnya jumlah boat-boat ini mengharuskan anda untuk memesannya jauh-jauh hari.

Waktu Terbaik Berlibur Ke Pulau Moyo

Hindari berlibur di Bulan Januari – Maret karena faktor cuaca. Musim angin barat akan membuat perairan menuju Pulau Moyo sangat bergelombang.

Berkunjunglah saat Bulan April – Desember. Akan lebih baik jika berkunjung sesaat setelah musim penghujan selesai karena debit air di beberapa air terjun di Pulau Moyo akan lebih deras dan membuat pemandangannya jauh lebih indah.

Tempat-Tempat Wisata Di Pulau Moyo

1. Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu, Pulau Moyo
Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu adalah spot utama dan alasan wisatawan mengapa mereka ingin berkunjung ke Pulau Moyo.

Bentuknya yang terdiri dari 4 undakan dan 7 kolam dengan warna air yang jernih dan biru tosca ini, membuat siapa saja yang kesini tidak sabar untuk segera menyeburkan diri dan menikmati kesegarannya.

Untuk menuju Air Terjun Mata Jitu yang berada di tengah-tengah hutan hijau, anda perlu menyewa ojek dari Desa Labuan Aji, Pulau Moyo.

Tarif ojek menuju destinasi super keren ini sebesar Rp 100.000 per orang dengan waktu tempuh sekitar 25 menit. Setibanya di lokasi parkiran ojek, anda harus berjalan kaki selama 5 menit untuk dapat melihat Air Terjun Mata Jitu.

2. Lady Pool / Queen Waterfall

Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel
Queen Waterfall / Lady Pool

Destinasi kedua adalah kolam alami yang bernama Lady Pool. Dinamakan Lady Pool karena disinilah Mendiang Lady Diana pernah berkunjung dan menikmati pesona alam Pulau Moyo.

Lady Pool ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit ke arah hulu dari Air Terjun Mata Jitu.

Banyak wisatawan yang melewatkan tempat ini karena tidak tahu bahwa selain Air Terjun Mata Jitu ternyata ada kolam pemandian alami yang jaraknya tidak cukup jauh.

3. Air Terjun Diwu Mbai

Pulau Moyo, Sumbawa
Air Terjun Diwu Mbai

Air Terjun Diwu Mbai adalah salah satu spot wisata adrenalin yang bisa anda kunjungi saat berlibur ke Pulau Moyo.

Bergelantungan pada seutas tali dan melompat pada ketinggian 4 meter bisa memberikan pengalaman lain.

Anda bisa menuju spot yang satu ini dengan menyewa ojek dari Desa Labuan Aji dengan tarif Rp 50.000 per orang dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

4. Pantai Tanjung Pasir

Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel
Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir terletak diujung paling timur Pulau Moyo. Jaraknya cukup jauh dari Desa Labuan Aji.

Boat yang anda carter dari Kota Sumbawa Besar biasanya akan meminta biaya tambahan jika anda memasukkan destinasi ini dalam salah satu list anda saat berlibur ke Pulau Moyo.

Cara termurah untuk menuju lokasi ini adalah dengan mencarter boat yang ada di Desa Aik Bari, karena jaraknya jauh lebih dekat apabila anda menyeberang dari Desa Aik Bari.

5. Pantai Raja Sua

Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel
Pantai Raja Sua

Pantai Raja Sua terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Lokasi ini menjadi spot favorit para wisatawan yang ingin bersnorkeling.

Berbagai jenis terumbu karang dapat anda lihat saat mengunjungi pantai ini.

Untuk menuju Pantai Raja Sua, anda cukup melipir sekitar 20 menit dari Pantai Tanjung Pasir menggunakan perahu motor.

6. Pantai Brang Sedo

Pulau Moyo
Pantai Brang Sedo

Salah satu pantai yang bisa kamu kunjungi dan searah dengan Desa Labuan Aji adalah Pantai Brang Sedo. Mintalah boatman untuk mengantar anda kesini terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan.

Sayang banget jika anda melewatkan spot yang satu ini karena keindahan view underwaternya tidak kalah dengan Pantai Raja Sua.

7. Pantai Ai Manis

Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel
Pantai Ai Manis

Pantai ini memiliki pasir putih yang begitu menawan dengan pepohonan dibelakangnya.

Selain mengeksplore pantai, anda juga bisa memasuki kawasan hutan dan jika beruntung anda akan bertemu dengan rusa hutan ataupun burung langka yang terlihat bermain di pepohonan.

8. Pantai Poto Jarum

Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel
Pantai Poto Jarum

Di Pulau Moyo, terdapat satu hotel eksklusif dengan tarif belasan juta per malam yaitu Hotel Amanwana. Salah satu destinasi yang sering ditawarkan kepada tamu hotel tersebut adalah Pantai Poto Jarum.

Pantai pasir putih yang sepi ini menjadi lokasi favorit untuk menenangkan pikiran dan merefresh diri. Orang-orang di Desa Labuan Aji juga menyebut pantai ini dengan sebutan Honeymoon Beach.

Kabar baiknya, Pantai Poto Jarum adalah salah satu pantai yang bisa kamu singgahi jika mencarter boat sebelum menuju Desa Labuan Aji.

9. Takat Sagele

Takat Sagele, Pulau Moyo
Takat Sagele

Pulau kecil yang terbentuk dari gundukan karang mati, akan muncul saat air laut surut dan hilang saat air laut tenggelam.

Berjarak sekitar 15 menit dari Desa Labuan Aji mengguakan perahu motor, Takat Sagele adalah salah satu destinasi favorit untuk snorkeling dan diving.

Untuk terumbu karang di lokasi ini memang tidak sebanyak di pantai-pantai lain, namun ikan-ikan berbagai jenis akan banyak anda jumpai dan menemani kegiatan snorkeling anda.

Anda bisa mampir ke lokasi ini sebelum ke Desa Labuan Aji, atau sepulangnya dari Desa Labuan Aji menggunakan boat yang anda carter.

10. Pantai Batu Kapal

Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel
Pantai Batu Kapal

Warga setempat juga biasa menyebut pantai ini dengan sebutan Crocodile Head Beach karena bentuknya yang seperti kepala buaya.

Pantai Batu Kapal ini adalah salah satu sunset point terbaik di Pulau Moyo.

Untuk menuju pantai ini, anda bisa menggunakan ojek dari Desa Labuan Aji dengan tarif Rp 50.000 per orang.

11. Pantai Sangelo, Pulau Moyo

Pulau Moyo
Pantai Sangelo

Pantai Sangelo adalah salah satu spot snorkeling terbaik di Pulau Moyo. Asli terbaik. Terumbu karangnya yang padat dan berwarna-warni membuat anda betah berlama-lama menyelam disini.

Sayangnya, Pantai Sangelo berada cukup jauh dari Desa Labuan Aji, sehingga untuk menuju kesini anda perlu merogoh kocek tambahan untuk menyewa boat.

12. Air Terjun Sangelo

Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel
Air Terjun Sangelo

Berjalan kaki sekitar 15 menit dari Pantai Sangelo menyusuri hutan, anda akan menemukan salah satu air terjun yang ada di Pulau Moyo ini.

Air Terjun yang mungkin tidak cukup terkenal karena aksesnya yang cukup sulit dan membutuhkan biaya ekstra utuk kesana, namun keindahannya tidak akan mebuat anda menyesal.

Sedikit tips dari kami jika anda ingin berlibur ke Pantai dan Air Terjun Sangelo, luangkan waktu ekstra satu hari, dan masukkan juga Pulau Satonda sebagai salah satu destinasi yang anda kunjungi selain dua destinasi diatas.

Baca Juga: Pulau Satonda dan Segala Keunikannya

Air Terjun Mata Jitu Pulau Moyo

Satu pemikiran pada “Pulau Moyo, Sumbawa & TIPS UNTUK LIBURAN YANG MAKSIMAL”

Tinggalkan komentar