Pulau Bedil, Pulau Mungil Yang Cantik Di Sumbawa

Pulau Bedil merupakan salah satu pulau dari sekian banyak pulau kecil di Pulau Sumbawa. Terletak di Desa Labu Pade, Kecamatan Utan, Sumbawa, untuk menuju pulau ini anda harus berkendara sekitar satu setengah jam dari Kota Sumbawa Besar.

Cara Menuju Pulau Bedil

Pulau Bedil

Dari Kota Sumbawa Besar, anda tinggal mengikuti saja jalan negara yang mengarah ke Pelabuhan Poto Tano (pelabuhan penyebrangan ke Pulau Lombok) kemudian di ujung Kecamatan Utan anda mencari pertigaan menuju Labu Pade.

Labu Pade merupakan kawasan wisata pesisir juga merupakan tempat menyewa boat untuk menyeberang ke Pulau Bedil.

Untuk menuju pulau ini anda bisa melalui salah satu dari dua tempat, bisa melalui Labu Pade atau Laboan Bajo. Jika melalui Labuan Pade anda akan menggunakan boat dengan standar pariwisata yang memang dikhususkan untuk mengantar wisatawan yang ingin mengunjungi pulau cantik ini.

Tentu dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Labuan Bajo karena di Laboan Bajo anda menggunakan perahu nelayan yang bisa anda charter dari nelayan setempat.

Menyebrang ke Pulau Bedil tidak membutuhkan waktu yang lama hanya sekitar 15 menit anda sudah berada di pulau ini. Di sekitar Pulau Bedil pun sebenarnya terdapat pulau-pulau lain yang cukup seru juga untuk dikunjungi yaitu Pulau Panjang, Pulau Keramat dan Pulau Temudung.

Anda pun sebenarnya bisa diantar kesana oleh boat/perahu yang anda gunakan tentu dengan tambahan biaya.

Tarif Menuju Pulau Bedil

Jika anda menyeberang dari Labu Pade, maka anda harus membayar tiket untuk masuk ke Kawasan Wisata Labu Pade terlebih dahulu dengan tarif Rp 15.000 per orang.

Setelah itu anda bisa carter boat menuju Pulau Bedil dengan tarif Rp 250.000 untuk pulang dan pergi. Kapasitas penumpang yang bisa diangkut oleh boat tersebut adalah maksimal 8 orang.

Jika anda ingin mengkombinasikan liburan anda dengan Pulau Keramat dan Temudung, maka anda harus membayar tambahan biaya boat dengan biaya Rp 500.000.

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Ini?

  1. Hoping island tiga pulau yaitu Pulau Bedil, Temudung dan Keramat
  2. Spot snorkeling dengan view underwater yang masih terjaga
  3. Camping dengan suasana sunset dan sunrise yang begitu memukau
Pulau Bedil Sumbawa

Pulau Bedil sendiri merupakan pulau terkecil dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya yang berada di kawasan ini. Namun karena kemungilannya itulah, pulau ini selalu tampak terawat dan bersih. Satu-satunya rumah kayu yang ada di pulai ini merupakan rumah penjaga yang merawat pulau tersebut.

Tips Berkunjung Ke Pulau Mungil Nan Cantik Ini

  1. Pulau Bedil merupakan salah satu pulau yang disinggahi oleh kapal pesiar yang melakukan trip ke Pulau Komodo. Tapi jika anda start dari Kota Sumbawa Besar, persediaan makanan dan minuman harus anda bawa sebelum menyebrang. Tidak ada warung dan air tawar di pulau ini.
  2. Anda bisa memesan ikan laut pada boatman sebelum anda menyebrang. Bakar ikan di pulau kecil yang cantik ini akan menjadikan suasana trip anda lebih menyenangkan.
  3. Jika berniat mengelilingi pulau yang lain, maka destinasi terakhir sebaiknya adalah Pulau Bedil. Anda bisa sepuasnya menikmati keindahan alam. Bahkan, pemandangan bawah lautnya pun sangat sayang untuk dilewatkan. Bersnorkeling disini akan menjadi pengalaman tersendiri yang tak terlupakan untuk anda.

Jika anda tak ingin repot mengatur trip anda ke pulau ini, The Langkah Travel menyiapkan paket yang menarik untuk anda bersama kerabat tercinta untuk berlibur di pulau yang masih jarang didatangi ini. Anda bisa mengecek paket wisata ke Pulau Sumbawa diĀ https://www.thelangkahtravel.com/paket-tour-pulau-sumbawa/.

Gili Bedil, Utan, Sumbawa

Tinggalkan komentar