5 Kegiatan Asyik yang Bisa Dilakukan di Sembalun

Sembalun, merupakan kawasan kaki gunung Rinjani yang terletak di Kabupaten Lombok Timur. Desa yang berada di bawah kaki Gunung Rinjani ini menjadi salah satu pintu masuk favorit para pendaki yang akan mendaki Gunung Rinjani. Jika Anda bosan dengan suasana pinggir pantai dan sedang mencari daerah dengan suhu dingin di Pulau Lombok, maka Sembalun adalah tempatnya. Tidak heran kalau semakin hari, tempat ini semakin diminati oleh para wisatawan. Perpaduan udara dingin dan panorama alamnya yang memikat emang top banget!

Saat sekarang ini, berlibur ke Sembalun sudah semakin mudah. Selain fasilitas dan akomodasi yang kian lengkap, ada banyak kegiatan asyik dan menyenangkan yang bisa dilakukan para wisatawan selama berada di desa ini. Lalu, apa saja sih kegiatan yang bisa dilakukan di Sembalun? Yuk simak di tulisan berikut:

 1. Mendaki Bukit-Bukit di Sembalun

5 Kegiatan Asyik yang Bisa Dilakukan di Sembalun

Merasa berat mendaki Gunung Rinjani? Namun ingin merasakan sensasi mendaki dan melihat langsung pemandangan dari ketinggian. Maka kegiatan mendaki bukit-bukit di kawasan Sembalun adalah pilihan yang tepat untuk anda. Ada sejumlah bukit yang terletak di kawasan Sembalun, seperti: Bukit Anak Dara, Bukit Pergasingan, Bukit Nanggi dan masih banyak lagi.

Setiap bukit tentu memiliki keindahan masing-masing. Serta tentu saja tingkat kesulitan yang berbeda-beda pula. Contohnya, Bukit Pergasingan dengan ciri khasnya yang memiliki trek terjal dan sangat menguras tenaga, atau Bukit Nanggi yang trek awalnya menyenangkan namun menjelang puncak kita akan diuji dengan trek yang memiliki kemiringan sekitar 85 derajat. Kebayang kan, serunya mendaki bukit serta berkemah bersama sahabat maupun keluarga?

Kalau masih merasa berat juga, jangan khawatir. Bukit-bukit lebih rendah yang mudah didaki juga tersedia kok. Salah satunya nih yang paling ngehits adalah Bukit Selong. Para wisatawan hanya perlu menaiki sejumlah anak tangga dan sampailah di Bukit Selong. Dari bukit tersebut kita dapat melihat hamparan sawah serta deretan 7 rumah adat pertama yang berada di Desa Sembalun.

 2. Memetik Stroberi Langsung dari Kebunnya

5 Kegiatan Asyik yang Bisa Dilakukan di Sembalun

Desa Sembalun selain panorama alamnya yang indah, juga dikenal dengan hasil perkebunannya yang segar-segar. Ada kentang, wortel, kopi, stroberi dan masih banyak lagi. Belakangan ini, kita akan sangat mudah menemukan kebun-kebun stroberi di sepanjang jalan raya di desa tertinggi di Pulau Lombok ini. Jika sedang musimnya, maka teman-teman bisa memetik dan menikmati stroberi-stroberi segar tersebut langsung dari kebunnya.

Jika tidak mau repot, Anda bisa langsung membeli stroberi kiloan yang sudah dibungkus oleh para pedagang. Namun sekadar saran, stroberinya lebih segar kalau dinikmati langsung lho. Mungkin karena udaranya yang tidak sesuai, jadi saat dibawa pulang, stroberi tidak akan sesegar yang dimakan langsung.

3. Bersepeda Santai ditemani Dinginnya Udara di Sembalun

5 Kegiatan Asyik yang Bisa Dilakukan di Sembalun
Foto Oleh Si Roy Sembalun

Bersepeda di kawasan Sembalun? Kira-kira bagaimana ya sensasinya? Dan destinasi-destinasi apa saja yang bisa dikunjungi sambil bersepeda gini? Pastinya sepedaan di sini akan sangat menyenangkan. Karena suhu yang dingin serta bersihnya udara pegunungan. Selain itu, dengan bersepeda maka kita juga akan lebih mudah berinteraksi dengan para warga. Dan pastinya bebas polusi dong yaa…

4. Wisata Edukasi yang Menyenangkan

Ingin mengajak anak-anak Anda berwisata lain dari biasanya? Coba ikuti kegiatan wisata edukasi di Sembalun yang satu ini. Anak-anak akan diajak ke sawah, mengenal tanaman, bercocok tanam, panen hingga memprosesnya pada kegiatan cooking class. Selain itu, ada pula kegiatan lain seperti membuat aneka mainan tradisional dari bambu.

5 Kegiatan Asyik yang Bisa Dilakukan di Sembalun

Bukan hanya bagi anak-anak, Desa Sembalun adalah tempat yang tepat bagi kita yang ingin belajar mengenai sejarah, budaya serta Agama, utamanya Agama Islam. Karena kabarnya masih banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang tersimpan rapi di sana.

5. Menikmati Objek Wisata Air Terjun di Sembalun

Paket Tour Lombok dan Sumbawa oleh The Langkah Travel
Air Terjun Madu, Sembalun. Foto oleh Iwan Marindra

Di kawasan Sembalun, tepatnya Desa Sajang juga terdapat sejumlah air terjun yang tidak kalah menarik. Para wisatawan bisa mencapainya dengan berjalan kaki maupun menyewa ojek lokal yang ada di sana. Air terjun tersebut diantaranya yaitu air terjun Mangku Sakti, Mangku Kodeq, Kuda Sembrani dan masih banyak lagi.

Bagaimana? Komplit banget kan kegiatan yang bisa dilakukan selama berada di desa ini? Jadi, kapan nih kalian berwisata ke Lombok khususnya Sembalun?

Tinggalkan komentar